Jasa Service Mobil & Cek Beberapa Komponen Ini

jasa service mobil

Kehadiran mobil di sebuah keluarga merupakan kemudahan tersendiri untuk berkendara jarak dekat maupun jauh. Tentunya kewajiban para pemilik mobil bukan hanya membayar pajak kendaraan, namun juga melakukan servis secara berkala. Gunakan jasa service mobil agar performa selalu terjaga.

Kamu bisa mendapatkan jasa service mobil melalui bengkel terdekat ataupun bengkel resmi dari brand mobil tersebut. Ada beberapa komponen mobil yang wajib dicek saat melakukan service, antara lain sebagai berikut: 

  1. Aki 

Aki adalah komponen mobil yang berperan besar terhadap kinerja mobill. Ketika aki mobil bermasalah, mobil bisa macet di tengah perjalanan bahkan bisa jadi kerusakannya melebar ke komponen mobil lainnya alias bertambah parah.  

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu mengisi air aki secara berkala dalam kurun waktu beberapa bulan sekali. Perlu diingat jika aki perlu diganti secara tahunan untuk mempertahankan kinerja mesin mobil. Tentunya aki bisa diganti sebelum waktunya apabila sudah mengalami kerusakan.  

  1. Kanvas Rem 

Salah satu penyebab kecelakaan terbesar adalah rem mobil yang tidak berfungsi dengan maksimal. Sejatinya hal ini bisa diantisipasi dengan rutin mengecek kondisi kanvas rem, terutama ketika kamu membawa mobil kesayangan mendapatkan jasa service mobil.  

Untuk mengenali kanvas rem bermasalah pun terbilang mudah, misalnya saja timbul suara berdecit saat mengerem, injakan rem yang lebih dalam daripada biasanya, ataupun indikasi minyak rem di bawah normal. Selain mengenali tanda tersebut, sebaiknya kamu rutin mengganti kanvas rem setiap 20,000 kilometer untuk meminimalisir timbulnya kerusakan yang parah, 

  1. Lampu Mobil  

Meskipun kelihatannya sepele, lampu mobil juga memegang peranan penting agar perjalanan lebih aman dan nyaman, baik untuk jarak dekat maupun jauh. Lampu mobil biasanya akan meredup cahayanya setelah digunakan selama 1,5 tahun dan kamu bisa menggantinya sebelum maupun sesudahnya tergantung kebutuhan. Pastikan jika kamu memilih lampu mobil yang sesuai dengan tipe mobil supaya lampu bisa bekerja dengan optimal, ya!  

  1. Filter AC 

Pernahkah terbayang bagaimana jadinya jika AC tiba-tiba mati selama perjalanan ke luar kota? Pastinya perjalanan menjadi tidak nyaman dan rasanya ingin turun di jalan bukan? 

Permasalahan pada AC bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kotoran yang menumpuk pada filter AC. Kotoran yang dibiarkan saja akan menyebabkan kipas AC terganggu dan tidak bisa bekerja dengan seharusnya. Oleh sebab itulah filter AC sebaiknya diganti tiap kali mobil sudah menempuh jarak sejauh 20,000 kilometer.  

  1. Ban Mobil 

Layaknya kanvas rem, ban mobil yang bermasalah juga menjadi salah satu faktor terbesar terjadinya kecelakaan. Bukan hanya kamu yang dirugikan karena mobil menjadi rusak, orang lain bisa menjadi korban yang biaya kerugiannya bisa mencapai angka ratusan juta rupiah. 

Oleh sebab itulah kamu perlu rutin mengecek kondisi ban mobil sebelum berkendara terlebih ketika sudah ada tanda ban mobil tidak beres. Misalnya saja ban mobil yang tidak seimbang ataupun butuh waktu lama untuk berhenti padahal tuas rem sudah dipegang dari lama. Bahkan ban mobil bisa pecah apabila dipaksakan untuk berjalan padahal kondisinya kurang bagus.  

  1. Oli Mesin 

Satu lagi komponen mobil yang tidak boleh terlewatkan adalah oli mesin. Idealnya oli diganti ketika mobil telah menempuh jarak 1,000 kilometer pertama. Setelahnya, oli perlu diganti secara berkala sehingga mesin tetap bisa bekerja dengan lancar di mana proses pembakarannya juga berlangsung secara sempurna.  

Pastinya sudah lebih jelas kan tentang apa saja komponen mobil yang harus dicek saat service? Jangan lupa untuk rutin menyervis mobil ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *