Pembersih Mesin Mobil & Cara Membersihkannya!

pembersih mesin mobil

Mesin adalah salah satu komponen terpenting pada mobil yang mempengaruhi kinerjanya secara keseluruhan. Tidak jarang mobil menjadi macet karena mesinnya bermasalah, baik ada kabel yang putus ataupun mesinnya kotor. Masalah mesin juga akan memengaruhi komponen mobil lainnya yang membuat kerusakan bertambah parah. Gunakan pembersih mesin mobil terbaik.

Oleh sebab itulah kamu perlu rutin mengecek kondisi mesin mobil untuk meminimalisir timbulnya berbagai kerusakan. Selain dibersihkan di bengkel, kamu bisa membersihkannya secara mandiri menggunakan pembersih mesin mobil, lho! 

Nah berikut adalah cara membersihkan mesin mobil yang perlu kamu tahu:  

  1. Bersihkan Dalam Kondisi Dingin 

Meskipun kelihatannya sepele, kamu perlu memperhatikan betul kondisi mesin sebelum mulai membersihkannya. Jangan sampai kamu membersihkan mesin mobil dalam kondisi panas yang nantinya justru membahayakan diri sendiri.  

Tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk membersihkan mesin sebelum dipakai karena suhunya yang masih dingin. Apabila kamu terpaksa membersihkan mesin mobil setelah dipakai, setidaknya berikan jeda waktu selama 30 – 40 menit sampai mesin benar-benar dingin.  

  1. Pakai Sarung Tangan  

Sama halnya membersihkan sparepart mobil lainnya, tangan kamu juga harus higienis ketika membersihkan mesin mobil. Jangan sampai ada kotoran dari tangan yang menempel di mesin mobil dan justru membuat kotoran semakin menumpuk. 

Sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan ketika membersihkan mesin untuk meminimalisir kotoran berpindah tempat. Selain itu, sarung tangan juga akan melindungi kamu dari resiko tersetrum yang bisa membahayakan apabila tekanannya besar.  

  1. Bersihkan dengan Pembersih Mesin Mobil 

Selain sarung tangan, kamu juga perlu menyiapkan pembersih mesin mobil. Membersihkan mesin memang sebaiknya menggunakan pembersih khusus untuk meminimalisir timbulnya kerusakan ataupun konsleting yang membahayakan.  

Jangan lupa untuk menyiapkan sikat supaya lebih mudah dalam mengaplikasikan pembersih mesin mobil. Pastikan jika tidak ada ruang mesin yang terlupa disikat sehingga mesin bisa benar-benar bersih dan terbebas dari segala jenis kotoran.   

  1. Membersihkan Debu dengan Kuas 

Selain sikat, kamu juga perlu menyiapkan kuas untuk membersihkan debu di bagian atas maupun bagian bawah mesin mobil. Sebaiknya kamu membersihkan debu dari bagian atas mesin mobil supaya lebih mudah membersihkan bagian bawahnya.  

Sebaliknya, jika kamu melakukannya secara terbalik maka sama dengan kerja dua kali karena kotoran dari bagian atas mesin yang jatuh ke bawah. 

  1. Melepas Aki Mobil 

Langkah ini perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko tersetrum. Selain itu, mengangkat aki mobil juga memudahkan kamu untuk membersihkan bagian bawah mesin. Tentunya kamu juga perlu membersihkan bagian aki untuk meminimalisir kotoran yang jatuh ke mesin di kemudian hari. 

  1. Membersihkan Bagian Bawah Kap Mesin Dulu  

Selain bagian mesin, kamu juga perlu membersihkan bagian bawah kap mesinnya. Pada bagian inilah sering banyak tumpahan pelumas maupun kotoran yang menempel dan lama kelamaan bisa mengganggu kinerja mesin.  

Untuk membersihkan bawah kap mesin, kamu perlu menggunakan pembersih mesin mobil yang supaya kotorannya terangkat dengan maksimal. Setelahnya, kamu perlu mengeringkannya dengan lap microfiber untuk meminimalisir resiko tumbuhnya jamur.  

  1. Memanfaatkan Uap Dari Steamer  

Uap dari steamer juga bisa memaksimalkan proses pembersihan mesin mobil, lho! Caranya juga mudah mengingat kamu hanya perlu mengarahkan steamer pada bagian mesin mobil yang akan dibersihkan. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih mesin mobil untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

Ternyata tidak susah kan membersihkan mesin mobil setelah penjelasan barusan? Jangan lupa untuk memakai pembersih mesin mobil supaya mesin mobil kesayangan terjaga kebersihannya seharian, ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *