Pelumas Mobil Perlu Diganti Bila Ada Tanda Ini

pelumas mobil

Memiliki mobil pribadi adalah kebanggaan sendiri untuk kebanyakan orang mengingat harga mobil yang tidak murah. Bepergian pun menjadi lebih mudah karena kamu tidak perlu lagi repot menunggu transportasi umum lagi, baik untuk jarak jauh maupun dekat. Gunakan pelumas mobil terbaik ya.

Sebagai pemilik mobil, tentulah kamu harus rutin mengecek kondisi komponennya supaya mobil aman digunakan dan salah satunya dengan mengecek pelumas. Kondisi pelumas yang kurang stabil mengakibatkan mobil bermasalah dan bisa membutuhkan biaya service yang membengkak. 

Nah berikut adalah beberapa tanda pelumas mobil bermasalah:  

  1. Lampu Indikator Menyala 

Salah satu cara tercepat untuk mengenali ada yang tidak beres dengan mobil kesayangan adalah lampu indikator yang menyala. Tanda ini biasanya terlihat ketika kamu menghidupkan mobil, sehingga kamu bisa segera mengantisipasinya sebelum kerusakan bertambah parah dan mobil jadi macet di tengah perjalanan.  

Tidak ada salahnya kamu menyimpan pelumas cadangan di rumah untuk menggantinya sewaktu-waktu. Bisa juga kamu memanggil montir datang ke rumah apabila belum paham betul cara mengganti pelumas. Lampu indikator yang menyala ini juga bisa menandakan jika filter mobil ataupun pompa oli mengalami kerusakan. 

  1. Asap Knalpot yang Lebih Berwarna 

Knalpot mobil memang selalu mengeluarkan asap sebagai tanda mesin berjalan dengan baik. Namun, kamu juga perlu tahu jika asap mobil yang menghitam menandakan jika ada sesuatu yang tidak beres dengan komponen mobil. 

Asap hitam yang muncul dari knalpot ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya pelumas yang terbakar. Biasanya asap juga akan lebih berbau sehingga cukup mudah untuk mengenalinya jika pelumas mobil harus segera diganti sebelum kamu melanjutkan perjalanan.  

  1. Warna Pelumas Menghitam 

Bukan hanya asap knalpot saja yang berubah warna, pelumas mobil yang bermasalah juga mengalami perubahan warna. Kamu bisa mengecek kondisi pelumas mobil menggunakan dipstick yang terletak di bagian atas bongkahan mesin.  

Apabila warna pelumas menghitam, tandanya kamu perlu segera menggantinya sebelum kerusakan bertambah parah. Selain itu, ketinggian oli mesin yang rendah juga menandakan jika pelumas bermasalah dan perlu dibersihkan dulu sebelum kamu menggantinya. 

  1. Suara Mesin Menjadi Kasar 

Selain dari perubahan warna, pelumas mobil yang bermasalah juga menyebabkan suara mesin mobil menjadi kasar alias lebih keras daripada biasanya. Mesin mobil juga akan terasa bergetar dan pastinya membuat kamu tidak nyaman ketika berkendara. 

Kondisi seperti ini yang dibiarkan terus menerus akan membuat mesin menjadi panas. Akibatnya, mobil kesayangan kamu bisa macet sewaktu-waktu di tengah perjalanan.  

  1. Mobil Sulit Hidup 

Tidak bisa dipungkiri jika mobil perlu rutin dipanaskan tiap kali mau digunakan supaya kualitas mesin tetap terjaga. Namun ketika pelumas mobil bermasalah, sekalipun kamu memanaskannya tiap hari maka mobil tetap akan sulit hidup. 

Kondisi ini disebabkan oleh kondisi pelumas yang memburuk dan hubungan antar komponen mesin yang menjadi lebih berat. Hal ini mengakibatkan banyak tenaga mesin yang terbuat untuk menggerakkan komponen mesin tersebut.  

  1. Mesin Menjadi Overheat 

Mesin yang kepanasan alias overheat biasanya disebabkan oleh tidak adanya lagi cadangan pelumas di dalam mesin. Akibatnya pun bisa sangat fatal, yaitu silinder head yang membengkok dan harus turun mesin. Perlu kamu ingat jika biaya turun mesin tidak sedikit dan butuh waktu sampai mobil kamu bisa kembali digunakan.   

Sudah paham kan tentang apa saja tanda pelumas mobil bermasalah setelah penjelasan barusan? Yuk ganti pelumas secara rutin untuk menjaga kualitas komponen mobil! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *