Pembersih Interior Mobil Untuk Mobil Tetap Higenis

vacuum cleaner mobil

Perawatan mobil adalah kewajiban yang tidak boleh dilupakan oleh pemiliknya untuk meminimalisir timbulnya berbagai kerusakan. Bukan hanya merawat body mobil, kamu juga harus merawat interior mobil secara rutin mengingat tidak satu orang saja yang menggunakan mobil kesayangan. Yuk gunakan pembersih interior mobil terbaik untuk mobil kesayanganmu.  

Layaknya merawat body mobil, membersihkan interior mobil pun tidak boleh sembarangan. Jangan sampai kamu sembarangan membersihkannya dan jok mobil justru rusak karenanya. Pastinya tidak ada yang mau menambah biaya service mobil hanya karena hal sepele seperti ini kan? 

Nah berikut adalah beberapa tips membersihkan interior mobil yang wajib kamu tahu:  

  1. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner 

Debu adalah salah satu penyebab utama bagian interior mobil sering bermasalah. Oleh sebab itulah kamu perlu rutin membersihkan debu di semua sudut mobil menggunakan vacuum cleaner. Pastikan jika kekuatan vacuum cleaner tidak terlalu keras supaya tidak merusak komponen mobil.  

Supaya tidak ada bagian yang terlewat, sebaiknya kamu membersihkan interior mobil secara urut dari atas ke bawah. Debu atau kotoran yang tersisa sedikit pun akan menyebar ke sudut mobil lainnya dan lama kelamaan menyebabkan kerusakan. Kamu bisa melakukannya secara berkala apabila dirasa terlalu berat.  

  1. Sikat Perlahan Secara Merata 

Selain memanfaatkan vacuum cleaner, kamu juga bisa mengandalkan sikat untuk membersihkan sudut mobil yang sulit dijangkau. Sebaiknya kamu menyediakan dua sikat sekaligus agar kotoran yang ada di sikat sebelumnya tidak menempel pada bagian mobil lainnya. 

Kamu juga bisa menggunakan sikat untuk membersihkan bagian jok yang terkena noda, entah karena cairan ataupun sisa makanan. Pastikan jika kamu menyikatnya secara perlahan supaya tidak merusak kulit ataupun beludru jok tersebut.  

  1. Membersihkan Debu Pada Bagian Dashboard 

Dashboard adalah bagian interior mobil yang rentan berdebu. Belum lagi bagian mobil ini selalu terpapar sinar matahari yang membuat warnanya cepat pudar. Kedua faktor inilah yang menyebabkan warna dashboard cepat memudar dan lama kelamaan juga bisa rusak. 

Kabar baiknya, membersihkan bagian dashboard cukup mudah karena kamu hanya perlu menggunakan kemoceng. Bisa juga kamu menggunakan cairan pembersih interior mobil yang berfungsi untuk mengangkat partikel debu dengan maksimal. Pastikan jika kondisi dashboard sudah benar-benar kering supaya tidak memicu tumbuhnya jamur, ya! 

  1. Mengelap Plafon Mobil 

Bukan hanya bagian bawah mobil yang perlu diperhatikan, namun juga bagian atas alias plafon. Plafon mobil yang jarang diperhatikan juga rentan berdebu dan bisa menjadi sarang penyakit. 

Membersihkan plafon mobil pun terbilang mudah karena yang kamu perlukan adalah dua lap bersih dan cairan pembersih interior mobil. Kamu bisa mengelap plafon mobil dengan kain yang sudah dibasahi dengan pembersih interior mobil untuk membersihkan kotoran yang ada. Setelahnya, kamu perlu mengeringkan plafon mobil juga supaya perjalanan terasa semakin aman dan nyaman.  

  1. Cuci Karpet Mobil Secara Berkala 

Selain dashboard, karpet adalah bagian mobil yang paling cepat kotor. Hal ini disebabkan karpet mobil yang bersentuhan langsung dengan alas kaki yang cenderung berdebu dan kotor. 

Untuk membersihkan karpet mobil, kamu perlu mencucinya secara berkala menggunakan cairan pembersih interior mobil. Bisa juga kamu mengandalkan vacuum cleaner untuk mengangkat debu dengan maksimal. Jangan lupa untuk mengeringkan karpet dulu sebelumnya meletakkannya kembali di mobil kesayangan kamu, ya.  

Pastinya sudah lebih paham kan tentang cara membersihkan interior mobil setelah penjelasan barusan? Yuk segera rawat interior mobil kesayangan kamu dari sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *