Pengharum Mobil Dari 7 Bahan Alami Ini

pengharum mobil

Pernahkah muncul bau tidak sedap dari mobil kesayangan kamu? Bau tidak sedap bisa dipicu oleh banyak faktor, baik sisa makanan, mobil yang jarang dicuci, dan masih banyak lagi. Kabar baiknya, sekarang sudah banyak pengharum mobil yang  bukan hanya ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap itu namun juga menemani kamu sepanjang perjalanan. 

Menariknya lagi, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai pengharum mobil. Selain harganya lebih murah, tentunya pengharum juga lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya sama sekali. 

Nah berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu andalkan sebagai pengharum mobil: 

  1. Kopi  

Siapa sih yang tidak suka bau kopi? Hampir semua orang suka wangi biji kopi karena wanginya yang menyegarkan sekaligus menenangkan. Untuk membuat pengharum berbahan kopi, kamu hanya perlu mengambil beberapa biji kopi dan ditempatkan dalam sebuah cup. Jangan lupa untuk melubangi cup tersebut supaya wanginya bisa merata ke seluruh sudut ruangan mobil, ya. 

  1. Sereh 

Sereh adalah bahan alami selanjutnya yang cocok diandalkan jadi pengharum mobil karena wanginya yang menyegarkan. Selain itu, sereh juga tinggi akan kandungan minyak atsiri yang berfungsi untuk merilekskan saraf otot.  

Untuk membuat pengharum berbahan sereh, kamu hanya perlu memotong 20 batang sereh menjadi 20 bagian lalu dimasukkan ke dalam cup. Kamu bisa meletakkannya di bawah AC supaya wanginya merata 

  1. Bunga Kenanga 

Hampir sama dengan sereh, bunga kenanga juga mengandung minyak atsiri. Minyak inilah yang membuat kamu lebih rileks sepanjang perjalanan dan jauh dari kata mengantuk ataupun tidak mudah emosi meskipun terjebak kemacetan. 

Cara membuat pengharum berbahan bunga kenanga ini juga mudah karena kamu hanya perlu meletakkan beberapa bunga kenanga berwarna kuning di dalam cup. Dijamin mobil akan terasa lebih segar setelah kehadiran bunga kenanga! 

  1. Kayu Manis 

Dikenal sebagai salah satu bumbu dapur utama, tidak membuat kayu manis ketinggalan diandalkan sebagai pengharum alami. Wanginya yang manis sekaligus lembut inilah yang siap membuat kamu semakin nyaman ketika perjalanan jauh ataupun dekat. Untuk mendapatkan wangi kayu manis yang awet, kamu hanya perlu menempatkannya pada tempat yang berjalan dan diletakkan persis di depan AC.  

  1. Bunga Melati 

Siapa bilang bunga melati identik dengan hawa mistis? Justru bunga melati cocok menjadi pengharum mobil alami karena wanginya yang tahan sampai beberapa minggu. 

Selain wanginya yang awet, bunga melati juga efektif untuk mengobati kecemasan serta gangguan saraf. Kamu tidak akan mudah lelah ketika berkendara dalam jarak jauh berkat bau bunga yang identik dengan warna putihnya ini.  

  1. Daun Pandan 

Daun pandan memang sering digunakan sebagai bahan memasak karena wanginya yang lembut dan wangi. Hal inilah yang membuat daun pandan juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum mobil alami yang wanginya sampai berminggu-minggu. Selain membuat mobil wangi, daun pandan juga dikenal ampuh mengusir serangga, lho! 

  1. Baking Soda 

Baking soda bukan hanya bisa kamu gunakan untuk membuat kue, namun nyatanya juga ampuh untuk membuat wangi mobil kesayangan. Bahkan kamu bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan sisa kotoran di mobil, baik yang ada di jok ataupun bagian lantai mobil. 

Bau baking soda yang netral inilah yang membuat kamu leluasa untuk mencampurkannya dengan wangi dari berbagai minyak essensial yang dimau. Terbayang kan berapa banyak uang yang bisa ditabung hanya dengan mengandalkan baking soda?  

Menarik kan pengharum mobil berbahan alami yang disebutkan barusan? Yuk jaga wangi di dalam mobil mulai dari sekarang! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *