Peralatan Darurat Mobil Ini Harus Ada Di Mobil Kamu!

peralatan darurat mobil

Keadaan yang tidak disangka-sangka sering terjadi dalam hidup. Keadaan seperti ini juga bisa terjadi saat kamu berkendara. Entah itu menggunakan sepeda motor atau mobil. Keadaan yang tidak disangka-sangka itu bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun tanpa kamu sadari sebelumnya. Salah satu contohnya adalah saat kamu sedang pergi malam mingguan dengan pacar. Tiba-tiba ban mobil kamu bocor dan mobil jadi oleng. Mau ke bengkel juga jauh sehingga kamu jadi bingung. Di saat seperti ini lah peralatan darurat mobil dibutuhkan.

Peralatan darurat mobil merupakan kumpulan alat yang bisa digunakan untuk memperbaiki atau mengatasi kerusakan yang terjadi pada mobil. Seperti ban bocor tadi. Untuk bisa mengatasi ban bocor, kamu bisa menggunakan dongkrak mobil dan kunci T untuk mengganti ban yang bocor dengan ban cadangan. Bermanfaat sekali bukan? Ingin tahu lebih banyak soal peralatan darurat pada mobil ini? Simak terus informasinya pada tulisan di bawah.

3 Hal Yang Harus Kamu Tahu Soal Peralatan Darurat Mobil

Terdapat banyak sekali hal yang perlu kamu ketahui soal peralatan darurat pada mobil. Dengan begitu kamu bisa mengetahui betapa pentingnya peralatan darurat ini disediakan di dalam mobil milikmu. Berikut ini adalah tiga hal yang harus kamu ketahui soal peralatan darurat pada mobil.

1. Fungsi dan Kegunaan Peralatan Darurat

Peralatan darurat sendiri merupakan alat yang digunakan pada saat darurat. Begitu halnya dengan peralatan darurat pada mobil. Saat darurat pada mobil sendiri merujuk pada kerusakan atau malfungsi yang terjadi pada mobilmu. Dengan peralatan darurat inilah kamu bisa mengatasi kerusakan atau malfungsi tersebut. Contohnya saat mobil kamu mogok akibat mesin yang overheating atau ban mobil pecah dan perlu diganti.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan segitiga pengaman mobil dan meletakkannya di belakang mobilmu. Dengan begitu pengendara lain yang melintas bisa mengetahui kalau mobil sedang mogok. Langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan dongkrak dan kunci-kuncian untuk mengganti ban mobil yang pecah. Bermanfaat sekali bukan peralatan ini?

2. Jenis-Jenis Peralatan Darurat

Hal kedua yang harus kamu ketahui soal peralatan darurat adalah jenis-jenisnya. Jenis peralatan darurat sendiri banyak. Namun kamu tidak harus membawa semua peralatan darurat ini di dalam mobilmu. Kamu hanya cukup membawa peralatan yang sekiranya akan sangat kamu butuhkan. Peralatan tersebut di antaranya adalah dongkrak mobil, tali derek, segitiga pengaman mobil, charger aki, alat pemadam api, kunci-kuncian, serta obeng.

Semua jenis peralatan darurat ini memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing dan bisa mengatasi kerusakan yang biasanya terjadi pada kendaraan. Tali derek sendiri bisa berfungsi saat mobil mogok dan butuh ditarik oleh kendaraan lain. Charger aki bisa kamu gunakan untuk mengisi daya aki yang drop. Jadi semua peralatan darurat ini punya rolenya masing-masing untuk mengatasi kerusakan pada mobil.

3. Rekomendasi Merek Peralatan Darurat

Terakhir adalah beberapa rekomendasi beberapa merk peralatan darurat. Di pasaran sendiri terdapat banyak sekal produsen alat yang bisa digunakan pada mobil. Namun pastinya tidak semua alat menawarkan barang yang berkualitas dan worth it.

Untuk memudahkanmu, kamu akan diberikan beberapa merek peralatan yang terbaik di bidangnya. Merek peralatan tersebut seperti Tekiro, Multipro, Kenmaster, dan Jason. Merek-merek ini berasal dari berbagai negara seperti Jepang dan USA sehingga kualitasnya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Jadi, jangan sampai tinggalkan peralatan darurat mobilmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *