Kaca Spion Mobil dan Peranan Penting Untuk Berkendara

kaca spion mobil dan

Siapa yang tidak tahu soal kaca spion? Pada kendaraan jenis apa saja, kaca spion sebenarnya memegang peranan yang cukup penting loh! Kaca spion sendiri terletak pada sisi kiri dan kanan sebuah kendaraan. Kaca spion biasanya berbentuk bulat atau persegi dengan cermin yang menghadap ke belakang. Ia memegang peranan untuk membantu pengemudi mengetahui apa saja yang ada di sekitar kendaraan. Yuk cek dulu kaca spion mobil dan peranan selengkapnya.

Dengan begitu, pengemudi tidak harus menengok lewat jendela atau bahkan turun dari kendaraan untuk mengecek keadaan sekitar. Cukup melirik sedikit ke kaca spion saja. Praktis sekali bukan? Hal ini juga berlaku pada kaca spion pada mobil. Kaca spion pada mobil berfungsi pada saat kapan saja digunakan. Entah itu saat mobil parkir atau saat mobil berjalan. Untuk tahu lebih banyak soal kaca spion mobil, kamu bisa cek tulisan di bawah ini.

3 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Kaca Spion Mobil

Kalau bahas soal fungsi kaca spion mobil, mungkin kurang lebihnya kamu sudah tahu banyak. Namun kali ini kamu akan diberikan informasi lain terkait kaca spion pada mobil. Penasaran? Cek beberapa poin soal kaca spion pada mobil di bawah ini.

  • Fungsi Kaca Spion Pada Mobil

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kaca spion pada mobil memiliki peranan yang sangat penting. Kaca spion bisa membantu pengemudi untuk melihat keadaan sekitar kiri dan kanan mobil. Misal saja pada saat berkendara. Sebelum mengganti jalur, pengemudi harus melihat kaca spion terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di jalur yang ingin dituju. Kalau ada, pengemudi harus menunggu hingga jalur clear terlebih dahulu. Kalau jalur kosong, pengemudi bisa langsung mengganti jalur. Hal ini juga berlaku saat memarkir kendaraan. Kaca spion bisa membantu pengemudi untuk parkir pada posisi yang benar. Jadi jangan remehkan keberadaan kaca spion ini lagi ya!

  • Jenis Kaca Spion Pada Mobil

Kaca spion pada mobil bukan hanya dua loh! Tidak seperti sepeda motor yang hanya mempunyai dua kaca spion yaitu pada kiri dan kanan motor. Pada mobil setidaknya ada empat buah kaca spion yang bisa membantu pengemudi. Keempat kaca spion tersebut adalah kaca spion luar (door mirror atau side view mirror), kaca spion dalam (rear/vision mirror), dan kaca spion tambahan (fender mirror).

Tiap jenis kaca spion ini pastinya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Kaca spion luar atau side view mirror berfungsi untuk melihat area kiri belakang atau kanan belakang mobil. Di sisi lain, kaca spion dalam digunakan untuk melihat area belakang mobil secara keseluruhan. Untuk fungsi spesifik jenis kaca spion lain, akan dibahas pada tulisan lainnya.

  • Cara Pasang Kaca Spion Pada Mobil

Hal terakhir soal kaca spion mobil yang harus kamu ketahui adalah cara memasangnya. Kaca spion pada mobil bukannya bagian yang rumit. Kamu memang bisa membawa mobilmu ke bengkel dan meminta bantuan reparator untuk mengganti bagian kaca spion kamu. Namun kamu juga bisa melakukan hal ini di rumah loh! Caranya sangat gampang. Kamu cukup menyediakan kaca spion baru dan obeng. Bukan bagian kaca spion yang kamu ingin ganti dengan obeng dan pasang kaca spion baru.

Sesuaikan obengnya dengan jenis baut yang digunakan ya. Jadi, sudah tahu banyak soal kaca spion pada mobil bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *