Aksesoris Bumper Mobil, Modifikasi Utama Pecinta Mobil

aksesoris bumper mobil

Siapa yang tidak tahu soal bumper mobil? Bumper mobil merupakan salah satu komponen eksterior pada mobil yang menjadi sasaran utama modifikasi. Untuk kamu yang mempunyai mobil, kamu pasti tahu soal bagian bumper ini bukan? Bisa dikatakan kalau bumper terletak pada bagian terluar sebuah mobil. Bumper sendiri terletak pada bagian depan dan belakang mobil. Bentuk dan desain aksesoris bumper tertentu akan menambah daya tarik tersendiri pada sebuah mobil.

Maka tidak heran kalau bagian ini sering kali menjadi bahan modifikasi bagi para pengguna mobil. Hal ini dikarenakan bumper mobil bawaan pabrik memiliki desain yang simpel dan kurang menarik. Dengan menggunakan bumper mobil modifikasi dan menambahkan aksesoris bumper mobil, kamu bisa mendapatkan tampilan mobil yang lebih menarik. Mau tahu lebih banyak? Cek beberapa informasi soal bumper mobil di bawah ini!

3 Hal yang Harus Kamu Ketahui Soal Aksesoris Bumper Mobil

Bumper mobil memiliki banyak sekali hal yang bisa dibahas. Mulai dari fungsi, jenis, cara pemasangan, dan lain sebagainya. Rasanya tidak akan habis kalau harus membahas secara terperinci soal bagian mobil satu ini. Namun berikut adalah beberapa hal soal bumper mobil dan aksesorisnya yang harus kamu ketahui.

1. Fungsi Bumper Mobil

Tahukah kamu kalau bumper mobil memiliki fungsi yang sangat krusial? Bumper mobil sendiri berfungsi untuk menahan dan meredam benturan pada bagian belakang dan depan sebuah mobil. Jadi bumper mobil tidak berfungsi sebagai hiasan saja ya! Walaupun bumper mobil memiliki desain dan bentuk yang sangat menarik, di dalamnya terdapat fungsi yang lebih besar dari itu.

Jadi bentuk dan desain bumper yang sudah ada didesain sedemikian rupa agar bisa menahan dan meredam benturan yang bisa saja terjadi pada mobil. Dengan begitu, kalau nantinya terjadi benturan, bagian terdalam mobil tidak akan terlalu terkena dampaknya. Termasuk kamu sebagai penumpang. Maka dari itu, bumper bisa dikatakan sebagai bagian penting pada sebuah mobil.

2. Jenis Bumper Mobil

Kedua ada jenis-jenis bumper dan aksesoris bumper mobil. Bumper mobil sendiri memiliki banyak jenis. Jenis bumper mobil di antaranya adalah stubby bumper, tubular bumper, crawler bumper, stinger bumper, dan bull-bar bumper. Jenis-jenis bumper ini tergantung dari bentuk dan desainnya. Misal saja stubby bumper. Stubby bumper merupakan bumper yang diadaptasi dari jenis crawler bumper namun diperkecil pada bagian sampingnya.

Bentuk bumper ini besar pada bagian back-bonenya namun tidak sepanjang crawler bumper. Dikarenakan bentuk backbone yang besar inilah makanya ia dinamakan ‘stubby’ atau ‘gendut’. Untuk aksesoris pada bumper sendiri, kamu bisa menggunakan berbagai macam produk seperti list bumper, seal plate, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan selera kamu masing-masing.

3. Cara Pasang Bumper Mobil

Terakhir, akan dibahas cara memasang bumper mobil. Bumper mobil sebenarnya bukan bagian yang sulit untuk di pasang. Kamu bisa memang bumper ini sendiri di rumah. Namun kamu juga bisa meminta bantuan profesional seperti orang bengkel untuk memasang bumper mobil ini. Untuk memasang sendiri, kamu memerlukan bumper yang ingin kamu pasang, obeng, dan perekat.

Buka bumper mobil bawaan pabrik. Kalau bumper terhubung dengan baut, buka terlebih dahulu bautnya dengan obat. Setelah terlepas sempurna, pasang bumper baru. Sesuaikan posisinya dan pasang kembali bautnya. Kalau dirasa kurang kamu bisa menambahkan perekat.

Mudah sekali bukan? Bagaimana? Kamu bisa tahu lebih banyak soal bumper mobil sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *