Penyaring Udara Mobil & Cara Perawatannya agar Awet

penyaring udara mobil

Penyaring udara merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan, termasuk mobil. Ada banyak pilihan penyaring udara mobil yang telah tersedia di pasaran. Sehingga, kita bisa memilih penyaring udara yang terbaik untuk mobil kesayangan kita. Adanya komponen ini memungkinkan udara kotor akan disaring dengan baik supaya tidak masuk dalam sistem injeksi atau karburator.

Hal tersebut tentu akan membuat ruang pembakaran yang ada di dalam mesin kendaraan tetap bersih dan bagus.  Dengan pentingnya peran komponen ini, maka sangat tidak dianjurkan bagi kita untuk melepas penyaring atau filter udara tersebut. Apalagi cara perawatan penyaring udara ini sangat mudah. Kita hanya tinggal membersihkan kotoran yang menempel pada saringan. Jadi, tentunya akan sangat rugi jika dalam kendaraan kita tidak dipasang penyaring udara.

Fungsi Penyaring Udara Mobil

Penyaring udara sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu penyaring udara konvensional, kering, dan basah. Meskipun berbeda jenis, namun ketiganya memiliki fungsi yang sama. Pada kendaraan, penyaring atau filter udara juga memiliki fungsi yang sama. Berikut ini fungsi-fungsi dari penyaring udara yang harus diketahui oleh orang-orang yang setiap hari menggunakan mobil maupun motor.

  • Menyaring Udara

Seperti namanya, tentu dapat ditebak bahwa fungsi utama dari penyaring atau filter udara adalah untuk menyaring udara. Dengan begitu, peranan filter ini sangatlah vital dalam segala aktivitas mesin. Dalam proses penyaringan, komponen tersebut memisahkan udara bersih dengan udara kotor. Peranan penyaring udara mobil untuk menyaring udara sangat berguna dan penting, apalagi jika digunakan di tipikal jalanan yang kering dan berdebu.

  • Menjaga Kebersihan Ruang Pembakaran

Fungsi penyaring udara yang kedua adalah untuk menjaga kebersihan pada ruang pembakaran kendaraan. Dengan adanya penyaring udara, dijamin ruang pembakaran akan selalu bersih dan bebas dari kotoran.  Adanya kotoran pada ruang pembakaran tentu akan membuat proses pembakaran menjadi kurang optimal.

  • Meminimalisir Kerak pada Beberapa Komponen Mesin

Salah satu masalah yang sering muncul pada kendaraan adalah adanya kerak yang menempel pada bagian mesin tertentu. Kerak ini disebabkan oleh penumpukan kotoran yang mengeras karena tidak pernah dibersihkan. Untuk menghindari hal ini, maka kita harus memiliki penyaring udara yang berfungsi secara optimal.

Cara Perawatan Penyaring Udara Mobil Agar Kinerjanya Tidak Menurun

Mengingat bahwa fungsi dari penyaring udara sangat penting, maka kita perlu melakukan perawatan yang rutin terhadap penyaring udara. Berikut ini beberapa cara mudah merawat penyaring pada mobil:

  1. Bersihkan kotoran secara berkala

Untuk pembersihan penyaring udara mobil, setidaknya kita harus melakukannya selama sebulan sekali atau dua kali. Cara membersihkannya pun tergantung jenis filter udara yang dipakai pada kendaraan tersebut.

  1. Semprotkan angin

Agar lebih cepat bersih, kamu bisa menyemprotkan angin dengan tekanan tinggi ke arah berlawanan dari arah udara masuk. Dengan begitu, kotoran yang menempel akan otomatis rontok dari saringan.

  1. Mencuci penyaring udara

Mencuci penyaring udara ini disarankan untuk penyaring berjenis spons atau busa. Sedangkan untuk filter udara yang kering atau basah, alangkah baiknya jika kita menghindari proses pencucian menggunakan air karena dapat merusak filter.

Itu dia penjelasan mengenai fungsi dan cara perawatan penyaring udara yang harus kita ketahui. Dengan mengetahui dua hal tersebut, maka diharapkan kita dapat lebih memperhatikan kebersihan penyaring dan komponen mobil yang lain. Dengan begitu, performa mobil akan tetap handal dan nyaman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *