GPS Mobil Bagus Untuk Berbagai Kegunaan

gps mobil

Nama GPS pastilah nggak terdengar asing di telingamu. Apalagi, buat kamu yang hobi bepergian ke luar kota. Perangkat GPS selama ini hanya dikenal sebagai fitur di dalam smartphone. Tapi, baru-baru ini, fitur navigasi ini juga ditemukan di berbagai unit mobil terbaru, lho. Bahkan, kamu juga bisa kok menyematkan fitur canggih GPS ini di mobil keluaran lawas.

Yang kamu butuhkan hanyalah membeli unit GPS buat mobil dan memasangkannya sendiri. Fitur ini sudah banyak banget dipakai oleh banyak pengendara mobil. Selain sebagai sistem navigasi, ternyata GPS mobil juga punya manfaat lainnya. Simak ulasan lebih lengkap beserta tips mengoptimalkan perangkat GPS berikut ini, yuk.

  • Bantu Deteksi Cuaca

Percaya nggak percaya, GPS jaman sekarang sudah canggih banget! Kamu nggak cuma bisa menemukan arah hingga sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Perangkat GPS mobil milikmu juga bisa digunakan buat mendeteksi cuaca, lho. Soalnya, GPS memang mengandalkan sistem satelit, sih. Jadi, nggak heran kalau kamu juga bisa dapatkan informasi akurat tentang perkiraan cuaca.

Sebelum kamu berangkat, ada baiknya buat mengecek kondisi cuaca di tempat tujuanmu lewat GPS. Kamu jadi bisa menentukan peralatan apa saja yang dibutuhkan buat mengantisipasi perubahan cuaca. Misalnya, kalau perkiraan cuaca di GPS menunjukkan akan turun hujan lebat, ada baiknya bawa peralatan payung, jas hujan, dan stok cemilan yang lumayan banyak. Dengan begitu, kamu bisa langsung OTW ke tempat tujuan tanpa harus repot berhenti di tengah-tengah hujan buat beli makanan.

  • Antisipasi Aksi Curanmor

Nah, ini adalah salah satu manfaat dari GPS mobil yang penting banget. Saat ini, perangkat GPS juga dilengkapi dengan fitur tracker. Kamu bisa nyalakan fitur tracker ini untuk bantu memindai seandainya mobilmu dicuri oleh orang. Fitur tracker ini biasanya bisa kamu hubungkan dengan perangkat smartphone. Seandainya ada orang usil yang mencuri mobil kesayanganmu, kamu bisa mengintai mobilmu lewat peta pada perangkat smartphone.

Hampir semua GPS tracker bisa menayangkan fitur pengintai ini secara realtime. Yang jelas, jangan lupa buat mengadukannya ke pihak berwajib. Supaya, mereka bisa lebih cepat dalam menangkap pelaku curanmor. Kamu pun bisa dapatkan kembali mobilmu.

Tips Optimalkan Performa GPS Mobil

Setelah tahu fungsi GPS mobil di atas, saatnya kamu mengetahui tips mengoptimalkan fitur tersebut. Caranya, simak di sini ya!

  • Pastikan Sistem Perangkat GPS Terpasang dengan Benar

Nah, poin ini penting banget kamu perhatikan. Supaya GPS-mu berfungsi dengan baik, jangan lupa buat memastikan agar sistem instalasinya sudah benar. Saat melakukan proses instalasi, kamu bisa membaca buku manual yang disediakan. Atau, kalau kamu nggak ahli di bidang instalasi GPS pun nggak masalah. Kamu bisa meminta bantuan teknisi atau orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini.

  • Hindari Mengubah GPS Saat Kamu Sedang di Tengah Perjalanan

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah mengutak-atik GPS saat kamu sedang dalam perjalanan. Jangan kamu lakukan, ya! Soalnya, hal tersebut justru bisa bikin kamu semakin bingung. Kalau sudah kebingungan, yang ada malah kamu tersesat di jalur lain yang semakin jauh dari tujuan. Kalau kamu perlu mengubah arah dari GPS, sebaiknya lakukan saat kamu sudah sampai ke tempat tujuan.

Nah, itulah ulasan tentang serba-serbi GPS mobil yang menarik buat kamu ketahui. Mengejutkan, bukan? Ternyata ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari memasang GPS. Selain itu, kamu juga akhirnya tahu cara agar performa dari GPS tracker itu lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *