Speaker Mobil Awet & Cara Merawat Speaker Mobil

Speaker pada mobil merupakan bagian yang paling sering diganti. Biasanya pemilik mobil akan mulai mengganti speaker ketika suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mengganti speaker mobil pada waktu awal pembelian ataupun ketika speaker asli tidak berfungsi dengan baik. Speaker dengan kualitas unggul biasanya akan menghasilkan suara yang jernih dan enak untuk didengar. Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang mengganti speaker ketika sudah tidak berfungsi dengan baik. Suara yang dihasilkan oleh speaker yang berada dalam kondisi kurang baik tidak akan maksimal atau bahkan bisa mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

Ketika kamu akan membeli speaker maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari kualitas, harga hingga spesifikasi yang dimiliki oleh speaker. Biaya yang harus dikeluarkan juga menjadi titik pertimbangan penting ketika kamu akan membeli speaker. Kamu juga perlu untuk mengecek apakah amplifier diperlukan untuk menjadikan suara yang dihasilkan speaker menjadi lebih baik. Perangkat lain yang juga mendukung untuk speaker dalam menghasilkan suara jernih tentu sangat diperlukan.

Hal-hal kecil itu tentu perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan speaker yang justru membuat kamu rugi secara waktu ataupun financial. Beberapa keterangan singkat terkait speaker yang perlu kamu ketahui dapat dilihat pada ulasan berikut.

Spesifikasi Pada Speaker Mobil

Speaker mobil sama halnya dengan fitur lain yang ada pada mobil yaitu memiliki spesifikasi yang cukup beragam. Bagi kamu yang ingin mengetahui secara jelas untuk spesifikasi speaker maka bisa melihat ulasan berikut.

  1. Bioamplification

Alat ini berguna untuk mengatur penguat yang terpisah untuk tiap jenis frekuensi speaker. Salah satu penguat berfungsi untuk mengontrol frekuensi rendah sedangkan untuk penguat lain dibutuhkan dalam frekuensi tinggi. Fitur satu ini cukup penting dimiliki speaker karena mampu menghasilkan suara yang cukup dinamis antara satu dengan lainnya.

  1. Distorsi

Berbeda dengan fitur lain alat ini menentukan perbedaan antara sinyal asli dengan sinyal yang direproduksi. Distorsi yang ada pada sinyal akan berpengaruh pada sinyal asli sehingga suara yang dihasilkan akan kurang baik apabila didengar. Maka dari itu, kamu perlu memilih speaker dengan distorsi yang berkualitas baik.

  1. Dynamic Range

Dynamic range ini merupakan daya jangkauan atau kisaran suara yang paling keras pada tingkat suara. Suara paling keras tersebut nantinya akan menghasilkan suara lembut yang mampu membuat speaker menjadi hiburan paling baik di dalam mobil.

  1. Impedansi

Impedansi adalah jumlah hambatan induktif ketika speaker bekerja. Speaker normal biasanya mempunyai 4 ohm impedansi yang saling bekerja dengan baik. Bagi kamu yang ingin menggunakan 2 speaker maka bisa memilih impedansi minimal 8 ohm.

Cara Merawat Speaker Agar Tidak Mudah Rusak

Tak hanya mengetahui tentang jenis, spesifikasi dan kualitas dari speaker, kamu juga perlu mengetahui cara merawat speaker tersebut. Pertama pastikan untuk mematikan speaker ketika mesin mobil akan dimatikan. Cara ini berguna untuk menghasilkan usia speaker yang lebih lama. Kedua rutin membersihkan area yang ada pada head unit.

Debu dan kotoran yang menumpuk dapat menghambat suara yang dihasilkan oleh speaker. Ketiga, jangan menggunakan CD bajakan yang justru akan merusak kondisi dalam speaker. Membersihkan optic yang ada pada CD juga dapat dijadikan cara perawatan yang efektif. Pastikan untuk membersihkan dengan CD cleaner.

Pastikan kamu tahu spesifikasi dan cara merawat speaker mobil dengan baik sebelum membeli ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *