Cara Mengendarai Mobil Manual dengan Hemat

cara mengendarai mobil manual

Hemat dalam pemakaian bahan menjadi pertimbangan tersendiri untuk mereka-mereka pemilik mobil.  Jelas saja, dengan kendaraannya hemat bahan bakar juga akan menghemat biaya yang dikeluarkan sehari-harinya. Apalagi kalau mobil menjadi kendaraan utama untuk menemani aktivitas sehari-hari, baik untuk bekerja, usaha, ataupun yang lainnya. Pada dasarnya untuk menghemat bahan bakar mobil tidak hanya berpacu pada tipe atau merek mobil yang menawarkan keiritan tersebut, namun juga bagaimana cara kamu mengemudikannya. Hal inilah yang sering diabaikan banyak pengendara mobil. Berikut cara mengendarai mobil manual agar lebih hemat bahan bakar.

Untuk kamu pemilik mobil manual tentunya juga bisa menghemat bahan bakar. Caranya sangat mudah cukup dengan mengetahui cara mengendarai mobil manual yang benar dengan irit bahan bakar. Jika kamu terbiasa berkendara sesuai prosedur atau cara yang disarankan bisa dipastikan kamu lebih hemat biaya. Adapun cara mengendarai mobil manual yang hemat bahan bakar sebagai berikut.

Cara Mengendarai Mobil Manual dengan Hemat Bahan Bakar

Bahan bakar merupakan kebutuhan utama terutama untuk kamu yang menggunakan mobil sebagai kendaraan sehari-hari. Tanpa adanya bahan bakar tersebut tentu saja mobilmu tidak bisa dijalankan. Kebutuhan akan bahan bakar ini juga sangat melelahkan apalagi kalau mobilmu boros akan pemakaian bahan bakar. Kamu pun butuh biaya lebih setiap harinya untuk memenuhi ketersediaan bahan bakar tersebut. Untuk kamu pengguna mobil manual tenang saja, kamu bisa menghemat pemakaian bahan bakar dengan mengikuti cara mengendarai mobil manual yang hemat bahan bakar berikut ini.

Lakukan Pemanasan Mobil dengan Tepat, Jangan terlalu Lama

Melakukan pemanasan pada mobil ini penting untuk menjaga kinerja mesin mobilmu, sehingga tidak mudah bobrok. Selain itu, dengan pemanasan yang tepat kamu akan lebih hemat bahan bakar. Untuk tipe-tipe mobil saat ini yang telah dirancang dengan canggih kamu tidak perlu berlama-lama dalam melakukan pemanasan.

Karena hal ini malah akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Cukup lakukan pemanasan sampai jarum pada suhu mesin bergerak, biasanya kurang lebih memakan waktu 3 sampai 4 menit saja.

Menjaga Kecepatan Mobil dalam Kondisi Konstan

Menjaga kecepatan secara konstan ini banyak manfaatnya, selain untuk keselamatan atau kehati-hatian juga bagus untuk mengurangi konsumsi bahan bakar lho. Dengan menjaga kecepatan pada kondisi konstan ini kinerja mesin mobilmu juga akan lebih efisien. Berbeda halnya jika kamu terlalu berlebihan dalam mengatur kecepatan mobilmu, bahkan tidak pada kondisi stabil. Tentunya akan banyak menghabiskan konsumsi bahan bakar.

Jangan Biarkan Kondisi Mesin Menyala Ketika dalam Keadaan Diam

Jika mobilmu dalam keadaan diam yang memakan waktu cukup lama penting untuk kamu mematikan mesin pada mobilmu. Mengapa demikian? perlu kamu ketahui bahwa setiap mesin mobil dinyalakan pastinya akan membutuhkan konsumsi bahan bakar. Maka akan sangat membuang-buang atau pemborosan jika kamu membiarkan mesin mobil tetap menyala sedangkan dalam keadaan diam atau tidak kamu operasikan.

Jangan Berlebihan dalam Menggunakan AC

AC memang penting untuk menjaga suhu ruangan di dalam mobil agar tetap sejuk. Namun, seringkali tidak disadari bahwa pemakaian AC ini juga turut berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Maka cara yang bijak adalah dengan menggunakan AC seperlunya, jika dirasa suhu ruangan tidak pengap atau panas tidak perlu menyalakan AC. Dan apabila menyalakan AC pastikan menutup kaca jendela mobil agar dapat berfungsi dengan optimal.

Untuk lebih menghemat biaya karena konsumsi bahan yang berlebih mulai sekarang kamu bisa menerapkan cara-cara yang disebutkan di atas. Dengan begitu, kamu dapat berkendara dengan aman, nyaman, dan tentunya tidak menguras kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *