Cara Mengendarai Mobil Matic di Medan Ekstrim

cara mengendarai mobil matic

Beda tipe pasti beda pengoperasiannya. Hal ini juga berlaku untuk tipe-tipe mobil. Maka dari itu, untukmu pemilik mobil sebagai kendaraan pribadimu ketahui dengan pasti tipe mobil yang kamu miliki seperti apa. Saat ini yang tengah trend dan banyak digandrungsi konsumen adalah mobil bertipe matic. Tentu saja karena mobil jenis ini menawarkan berbagai macam kemudahan baik dari segi fitur maupun cara pengoperasiaannya. Yuk simak cara mengendarai mobil matic di medan ekstrim.

Ciri utama yang sekaligus menjadi daya tarik tersendiri dari mobil jenis matic ini adalah dilengkapi dengan fitur transmisi secara otomatis. Pastinya akan membuat pengendaranya lebih praktis dan menyenangkan. Tanpa harus mengatur secara manual Ketika ingin meningkatkan kecepatan dengan menambah gigi serta menyeimbangkan kopling seperti pada mobil manual.

Jika kamu memiliki mobil jenis matic ini juga harus paham betul bagaimana cara mengemudikannya dengan benar dan aman di berbagai medan. Terutama pada saat kamu melewati medan ekstrim yang membutuhkan kehati-hatian lebih. Suatu keharusan untukmu pemilik mobil matic agar mengoptimalkan tenaga dari mobil matic yang kamu kendarai terutama pada medan ekstrim. Berikut akan dijelaskan cara mengendarai mobil matic yang benar dan aman pada berbagai medan ekstrim. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengendarai Mobil Matic pada Medan Tanjakan dan Turunan Tajam

Tidak selamanya saat berkendara kamu hanya akan melewati medan yang mulus dan datar-datar saja. Karena tujuan perjalananmu pastinya bermacam-macam tidak hanya itu-itu saja. Oleh sebab itu, sebagai pengendara mobil kamu dituntut untuk bisa menguasai berbagai medan dalam setiap perjalananmu. hal ini tak lain dan tak bukan adalah untuk keselamatan dalam berkendara.

Medan ekstrim yang biasanya sangat melelahkan dan membutuhkan kehati-hatian yang ekstra adalah pada saat kamu melewati tanjakan dan turunan yang tajam. Agar kamu dapat mengemudi dengan lancar dan aman pada saat melewati kedua medan ekstrim tersebut ikuti cara mengendarai mobil matic pada medan tanjakan dan turunan tajam berikut ini.

Perhatikan Posisi Tuas, Pastikan dalam Keadaan Rendah

Jika kamu melakukan perjalanan yang melewati banyak tanjakan dan turunan tajam seperti halnya daerah perbukitan dan pegunungan, hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah posisi tuas mobilmu. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan tenaga mobilmu pada saat kamu kendarai. Kamu tidak perlu khawatir, untuk tipe mobil matic sudah dilengkapi dengan fitur percepatan terendah yang dinamakan low (L).

Opsi ini sangat berguna jika kamu melewati medan ekstrim tanjakan atau pun turunan. Dengan adanya fitur pengaturan tuas ini dapat menaikkan torsi secara maksimal, sehingga mobil tidak selip ataupun mundur pada saat menaiki tanjakan. Kamu bisa mengatur sendiri berdasarkan tenaga yang dibutuhkan mobilmu. Pun Ketika melewati turunan tajam, opsi ini dapat sangat membantu pada saat pengereman.

Kamu Bisa Mengandalkan Fitur Over Drive

Fitur Over Drive (O/D) ini adalah fitur istimewa yang ada pada mobil matic. Kamu bisa memanfaatkannya ketika melewati medan yang penuh tanjakan. yaitu dengan menaikkan putaran sesuai kebutuhan tenaga mobilmu pada kondisi medan. Jika dirasa mobil membutuhkan tenaga yang besar, kamu cukup memanfaatkan fitur ini. Selain itu menanjak, fitur ini juga bisa kamu operasikan untuk mendahului mobil lain yang berada di depanmu. 

Kamu Juga Bisa Menggunakan Perpindahan Semi-Manual

Cara ketiga ini bisa kamu lakukan dengan mudah saat melewati medan tanjakan atau pun turunan tajam. Dengan cara ini juga kamu bisa memaksimalkan tenaga yang dibutuhkan mobilmu. Untuk mengaturnya cukup memindahkan tuas pada posisi maju mundur untuk menambah atau mengurangi ataupun menambah kecepatan.

Nah, setelah kamu mengetahui tips dan trik dalam mengendarai mobil matic di medan ekstrim di atas kamu pun bisa mempraktekannya nanti ketika menemui medan ekstrim. Kamu pun tidak perlu panik ataupun takut untuk menaklukkan berbagai medan. Selamat mencoba, dan yang utama pastikan keselamatan dalam berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *