Cara Merawat Mobil Manual Pada Bagian Mesinnya!

cara merawat mobil manual

Secara umum, mobil memiliki banyak sekali komponen dan bagian yang harus dirawat dan diperhatikan. Hal ini dilakukan agar kondisi mobil tetap prima dan terjaga. Salah satu bagian yang krusial adalah mesin. Mesin pada mobil bisa diibaratkan seperti jantung pada manusia. Hal ini dikarenakan semua aktivitas mobil tergantung pada kinerja mesin itu sendiri. Maka dari itu, sebagai pemilik mobil yang baik kamu harus memperhatikan kondisi mesin mobilmu secara rutin. Simak cara merawat mobil manual pada bagian mesinnya yuk.

Untuk perawatan yang dilakukan pada mesin mobil, terdapat beberapa perbedaan tergantung dengan jenis mobil itu sendiri. Namun kali ini, akan dibahas cara merawat mobil manual pada bagian mesinnya. Dikarenakan menggunakan transmisi bersifat manual, cara perawatan mesin mobil manual akan berbeda dengan cara perawatan mesin mobil matic. Kamu penasaran? Cek penjelasan di bawah ini untuk tahu lebih banyak soal cara merawat mesin mobil manual.

Beberapa Cara Merawat Mobil Manual Pada Bagian Mesinnya

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat mesin mobil manual. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah atau dengan menggunakan jasa mekanik pada bengkel. Berikut adalah cara merawat mesin mobil manual yang bisa kamu lakukan.

1. Perhatikan Air Radiator Secara Rutin

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat kondisi mesin mobil manual adalah memperhatikan air radiator. Kalau kamu belum tahu, air radiator merupakan cairan kimia khusus mobil yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Mesin yang bekerja akan menghasilkan suhu yang panas. Saat mesin mulai memanas di sinilah air radiator bekerja agar suhu mesin turun dan stabil.

Mesin yang terlalu panas akan mengalami overheating dan kemudian berasap atau bahkan terbakar. Maka dari itu, peranan air radiator sangatlah penting bagi kondisi mesin mobil manual. Ganti air radiator setiap penambahan jarak tempuh 20.000 km atau saat air sudah terlihat keruh. Jangan sampai lupa dan membiarkan air radiatornya kering ya!

2. Selalu Ganti Oli Mesin Tepat Waktu

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi mesin mobilmu adalah melakukan penggantian oli tepat waktu. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas pada putaran mesin. Mesin dengan oli yang bagus akan berputar dengan lancar dan menghasilkan tenaga dengan mudah.

Kalau oli sudah mulai kotor dan menghitam, perputaran mesin bisa jadi terhambat dan mesin akan bekerja lebih keras. Hal ini akan berimbas pada kinerja mesin ke depannya. Kamu pasti mau kalau mesin mobil cepat rusak bukan? Maka dari itu gantilah oli mesin mobilmu setiap enam bulan sekali atau saat jarak tempuh sudah bertambah sebanyak 10.000 km.

3. Gunakan Posisi Gigi Yang Tepat Saat Berkendara

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan posisi gigi yang tepat. Walaupun terlihat sepele, menggunakan posisi gigi yang tepat saat berkendara bisa membantu mesin mobilmu. Kalau kamu melewati jalanan yang menanjak, gunakan gigi 1 agar mesin bisa membantu mobil melaju naik. Di sisi lain kalau jalanan sedang macet atau padat kamu bisa menggunakan gigi 1 atau 2. Dengan menggunakan posisi gigi yang tepat ini kamu bisa membantu mesin agar bekerja dengan semestinya. Tidak overpower atau malah kurang.

Itulah beberapa cara merawat mobil manual pada bagian mesinnya. Mudah untuk diterapkan bukan? Jadi jangan lupa untuk melakukan cara-cara di atas agar mesin mobil manual bisa awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *