Cara Merawat Mobil Matic Kesayangan Kamu!

cara merawat mobil matic

Siapa yang tidak tahu soal salah satu jenis mobil ini? Mobil matic memang populer di kalangan masyarakat Indonesia khususnya di kalangan perempuan. Pasalnya, mobil matic ini bisa dikendarakan dengan lebih mudah dan nyaman. Maka dari itu, ketenaran mobil ini belum bisa tertandingi. Produsen-produsen mobil besar pun gencar mengeluarkan mobil matic keluaran terbaru setiap tahunnya. Yuk simak cara merawat mobil matic kesayangan kamu agar tetap tampil baik.

Di tiap keluaran terbaru ini biasanya akan ada peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini bisa berupa penambahan fitur canggih terbaru, peningkatan kapasitas mesin, pembaruan desain eksterior, pembaruan desain interior, dan masih banyak lagi. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi para penggunanya. Kalau kamu merupakan salah satu orang yang memiliki mobil matic atau ingin membeli salah satunya, ada baiknya kamu membaca tulisan berikut ini. Di sini kamu akan diinformasikan mengenai cara merawat mobil matic dan beberapa komponen yang perlu dirawat. Untuk tahu lebih banyak, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Cara Merawat Mobil Matic dan Mengganti Komponennya

Mobil matic memiliki banyak sekali bagian dengan berbagai komponen pendukung yang memiliki fungsi masing-masing. Seiring dengan penggunaan beberapa komponen ini harus dirawat atau diganti. Berikut adalah beberapa komponen mobil matic yang perlu kamu ganti.

1. Oli Mesin

Komponen yang paling krusial yang perlu diganti adalah oli mesin. Oli mesin ini memiliki fungsi sebagai pelumas agar mesin bisa berputar dengan lancar. Pada jangka waktu tertentu, oli mesin ini harus dibuang dan diganti dengan oli yang baru. Kamu bisa melakukan penggantian oli ini pada jarak tempuh bertambah 10.000 atau sekitar enam bulan pemakaian. Selain mengganti oli mesinnya, jangan lupa untuk mengganti filter olinya juga. Filter ini berfungsi untuk menyaring oli yang masuk agar kotoran dan partikel lainnya tidak ikut masuk ke dalam mesin dan menyebabkan kerusakan. Ganti filter oli setiap dua kali kamu mengganti oli mesin mobil maticmu.

2. Air Radiator

Komponen kedua yang harus kamu ganti adalah air radiator. Air radiator sendiri merupakan cairan kimia khusus yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Dengan begitu mesin tidak akan terlalu panas dan mengalami overheating. Air radiator ini bisa kamu ganti setiap penambahan jarak tempuh sebesar 20.000 km. Selain itu, kamu juga bisa mengganti air radiator mobilmu kalau airnya sudah terlihat keruh.

3. Filter Udara

Komponen ketiga yang harus kamu ganti adalah filter udara mobil. Filter udara ini merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke tempat pembakaran. Udara kotor yang mengandung banyak residu seperti debu dan partikel lainnya akan tersering di filter udara ini. Dengan begitu tempat pembakaran mobil akan tetap bersih. Seiring pemakaian, kamu harus mengganti filter udara ini. Kamu bisa melakukannya pada penambahan jarak tempuh sekitar 20.000 hingga 25.000 Mil atau setara dengan 32.186 hingga 40.233 km. Supaya lebih aman kamu bisa mengganti filter udara mobil maticmu setelah jarak tempuhnya bertambah 10.000 hingga 15.000 mil atau setara dengan 16.090 hingga 24.140 km.

Itulah beberapa cara merawat mobil matic dengan cara mengganti beberapa komponennya. Komponen-komponen ini memang wajar untuk diganti secara berkala agar performa mobil akan tetap terjaga. Dengan begitu, kondisi mobil maticmu akan tetap prima dan menggunakannya akan lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *