Kelebihan Mobil Manual Bikin Kamu Lebih Nyaman!

cara merawat mobil manual

Di pasar otomotif, terdapat dua jenis mobil yang ditawarkan yaitu mobil manual dan mobil matic. Kedua jenis mobil ini memiliki perbedaan pada transmisinya. Sama seperti namanya, transmisi pada mobil manual bersifat manual dan juga mempunyai pedal kopling. Di sisi lain, mobil matic memiliki transisi otomatis dan tidak mempunyai pedal kopling. Untuk ketenaran sendiri, kedua jenis mobil ini sama-sama memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Yuk intip kelebihan mobil manual agar semakin paham.

Walaupun ada berbagai anggapan seperti mobil matic lebih mudah dikendarai atau mobil manual lebih hemat bensin, semua kembali ke pilihan penggunaanya masing-masing. Namun, kali ini akan dibahas kelebihan mobil manual dari segi akselerasi mesinnya. Dikarenakan memiliki transmisi yang berbeda dari mobil matic, akselerasi yang dihasilkan pun pastinya akan berbeda. Kamu penasaran? Untuk tahu lebih banyak, yuk simak penjelasan di bawah soal kelebihan akselerasi pada mobil manual.

Kelebihan Mobil Manual Dari Segi Akselerasi Mesin

Walaupun menggunakan jenis transmisi manual dan terkesan ‘ribet’ dengan adanya pedal kopling, faktanya mobil manual memiliki akselerasi yang lebih baik. Hal ini terjadi kalau dibandingkan dengan jenis mobil matic. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, berikut adalah kelebihan mobil manual dari segi akselerasinya.

1. Akselerasi Lebih Baik

Kelebihan pertama yang bisa kamu temukan dari mobil manual adalah akselerasinya yang lebih baik kalau dibandingkan dengan mobil matic. Walaupun menggunakan transmisi manual yang terkesan ‘lebih ribet’, kalau kamu sudah lihai menggunakan mobil manual kamu akan bisa merasakan perbedaannya. Saat mengemudikan mobil manual kamu bisa langsung merasakan respon mesin akan gas, rem, serta kopling sangatnya peka.

Respon mesin yang baik ini bisa membuat kamu berkendara dengan lebih mudah dan nyaman. Maka dari itu, jangan langsung termakan omongan bahwa mobil manual lebih susah dikendarai. Padahal, kalau memang sudah menguasainya kamu akan lebih ketagihan menggunakan mobil manual daripada mobil matic.

2. Bisa Melakukan Engine Break

Kelebihan kedua adalah mobil manual bisa melakukan engine break. Engine break sendiri merupakan teknik berkendara dimana kamu bisa mengurangi penggunaan pedal rem. Hal ini dikarenakan pada kondisi tertentu mesin bisa menahan laju kendaraan sehingga kamu tidak perlu menggunakan pedal rem.

Teknik ini cocok dan berguna sekali kalau digunakan pada jalanan yang curam dan menurun. Teknik engine brake ini pastinya tidak akan kamu temukan pada mobil matic karena transmisi yang digunakan merupakan transmisi otomatis. Dengan mobil matic, menuruni jalanan yang curam akan membutuhkan injakan rem yang dalam. Dengan begitu kampas rem akan cepat aus dan menipis. Hal ini pastinya tidak akan terjadi ada mobil manual.

3. Sangat Irit Bahan Bakar

Kelebihan terakhir adalah irit bahan bakar. Kelebihan satu ini mungkin sudah sering kamu dengar karena banyak orang yang memilih jenis mobil manual karena alasan ini. Dikarenakan transmisi yang digunakan mobil manual bersifat manual, kamu bisa mengatur percepatan putaran mesin. Nah, percepatan putaran mesin ini akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Semakin cepat mesin berputar atau semakin keras mesin bekerja, bahan bakar yang digunakan pun semakin banyak. Dengan mengatur putaran mesin pada kecepatan yang tepat, kamu bisa lebih menghemat bahan bakar. Hal ini tentunya tidak bisa kamu lakukan pada mobil matic. Itulah beberapa kelebihan mobil manual kalau dilihat dari segi akselerasinya.

Bagaimana? Kamu sudah mulai tertarik dengan jenis mobil satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *