Cara Mencuci Mobil Sendiri di Rumah Biar Makin Hemat

cara mencuci mobil

Semua orang senang kalau mobilnya bersih dan kinclong. Namun, menjaga kebersihan mobil mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Akan tetapi siapa saja pasti bisa menjaga kebersihan mobilnya asalkan berkomitmen melakukannya. Kamu juga demikian. Tidak harus mencucikan mobilmu di tempat cuci mobil. Kamu bisa mencuci mobil sendiri di rumah. Ini dia cara mencuci mobil di rumah yang mudah dilakukan.

Ini akan melindungi mobilmu sehingga kondisinya senantiasa bersih dan juga kinclong. Apalagi, kalau kamu rajin mencucinya secara rutin. Ini juga dapat membuat kerusakan maupun goresan pada bodi mobil, jadi tidak terlihat jelas. Hal yang penting yakni kamu memahami cara mencuci bersih mobilmu dengan alat-alat dan cara yang tepat. Untuk itu, mari simak tipsnya berikut ini:

Mempersiapkan Peralatan Mencuci Mobil

Peralatan untuk mencuci mobil di antaranya yaitu sabun cuci, lap, ember, air, sikat. Lalu, untuk interiornya kamu bisa menyiapkan vacuum cleaner jika ada. Siapkan juga sarung tangan karet, pembersih ban, paper towel dan pembersih jendela. Hindari sabun tangan, sabun cuci piring dan deterjen karena berkemungkinan merusak lapisan cat mobil.

Memilih Tempat dan Waktu yang Tepat

Akan lebih baik jika kamu tidak mencuci mobil di hari yang panas terik. Nanti mobilmu kering terlalu cepat sehingga meninggalkan bercak-bercak air pada permukaan catnya. Lebih baik tunggu sore hari yang lebih sejuk serta udaranya lembab. Jadi, mobilmu nanti tidak akan terlalu cepat kering.

Membersihkan dan Mencuci Ban Mobil

Setelah kamu menyiapkan semuanya, pertama kamu bisa mencuci ban mobil terlebih dahulu. Ini karena di ban mobil tertempel debu, kotoran dan apapun yang kemungkinan bisa merusak cat mobil. Jadi, dahulukan menyabun, menggosok dan membersihkan seluruh ban mobil sampai ke sela-sela jerujinya.

Mencuci Bagian Eksterior Mobil

Setelah ban mobilmu bersih kinclong, kini waktunya membersihkan bodi mobil. Sebelum mulai menggosok dengan sabun, pastikan apapun yang menempel di permukaan cat sudah dibersihkan. Misalnya, seperti kotoran burung, bangkai serangga, ranting-ranting. Ini agar tidak menyebabkan bodi mobilmu tergores saat digosok. Setelah disabun semuanya, bilas sampai bersih.

Membersihkan Jendela dan Kaca Mobil

Sekarang waktunya membersihkan semua jendela dan kaca mobil. Mulai dari kaca depan, jendela hingga kaca belakang. Jangan lupa spion juga. Lap kaca dan gosok dengan sabun pada bagian luar dan dalamnya. Kaca mobil bisa juga dibersihkan dengan pembersih kaca jendela agar lebih berkilau. Namun, kaca yang berwarna bisa kamu cuci dengan sabun.

Membersihkan Bagian Interior Mobil

Sebenarnya sudah kelihatan kinclong kalau eksterior bersih. Akan tetapi, aktivitasmu berkendara jadi tidak nyaman kalau interior kotor. Jadi, sekalian kamu bisa membersihkan interior mobil mu. Caranya dengan menggunakan vacuum cleaner, serta mengelap semua bagian menggunakan kain fiber lembut dan pembersih.

Menjaga Kebersihan Mobil

Terakhir yakni kamu tinggal menjaga kebersihan mobilmu yang sudah dicuci bersih sampai ke dalam-dalamnya. Gunakan lap kain lembut untuk mengelap bodi luar mobil agar berkilau. Setelah itu, jaga kondisi mobilmu dengan memarkirnya di tempat tertutup, menutupi bodinya dengan cover serta rajin mengelapnya tiap hari.

Dengan rajin mencuci mobil, maka mobilmu akan selalu terlihat kinclong. Apalagi, jika musim hujan tiba, maka biasanya mobil jadi lebih cepat kotor, karena bercak air hujan yang mengering terlihat pada bodinya. Kemudian, ban dan bagian bawah mobil juga mudah tertempel lumpur dan tanah yang mengering. Maka dari itu, kamu perlu ekstra perhatian dalam mencuci mobilmu ketika musim hujan. Terlepas dari apapun musimnya, rajinlah mencuci mobil agar selalu kinclong. Semoga bermanfaat. Ini dia cara mencuci mobil di rumah yang mudah dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *