Cara Mengkilapkan Cat Mobil Agar Makin Kinclong

mobil bekas murah

Menjaga kilap mobil sejak baru dibeli sampai kamu menggunakannya sekian lama, menjadi impian setiap orang. Kamu yang punya mobil pasti senang kalau melihat bodinya senantiasa mulus, dengan cat yang selalu bersih dan kinclong. Namun, memang tak bisa dihindari, seiring berjalannya waktu maka pasti warna cat tersebut akan memudar. Simak pembahasan selengkapnya cara mengkilapkan cat mobil kamu.

Akan tetapi, dengan langkah perawatan yang tepat maka cat mobilmu bisa selalu kinclong. Bahkan sampai kapanpun kamu menggunakan mobilmu. Caranya juga tidak hanya mencuci dan melapisinya dengan wax, tapi juga bagaimana kamu memarkirnya hingga menjaga kebersihan cat pada bodi mobil. Kini, mari kita simak berbagai tips membuat cat mobil kinclong, seperti berikut:

Memarkir Mobil di Ruangan Tertutup

Kondisi cuaca juga sangat berpengaruh terhadap cat mobil. Jika mobilmu sering terekspos cuaca panas dengan terik matahari, maka radiasi UV bisa menyatu dengan oksigen secara kimiawi, sehingga menyebabkan catnya memudar dan kehilangan kilapnya. Jadi, selalu parkir mobilmu di dalam garasi, atau jika tidak, tutupi dengan cover dan parkir di tempat yang sejuk, kalau bisa tertutup bayang-bayang.

Mencuci Mobil Secara Rutin

Kamu mungkin berpikir kalau ini sudah jelas. Namun, perlu dipertegas kembali biar kamu terbiasa melakukannya. Poin pentingnya yakni kamu rajin mencuci mobil dengan jadwal teratur. Misalnya, cuci satu kali dalam dua sampai empat minggu maksimal. Jangan lebih dari empat minggu tidak dicuci. Debu dan kotoran yang menempel akan sulit dibersihkan dan ini bisa mengurangi kinclong mobilmu.

Menggunakan Sabun Cuci Mobil dengan Bahan Tepat

Perhatikan juga bahan sabun untuk mencuci mobilmu, terutama kalau kamu mencucinya sendiri. Selalu gunakan sabun khusus untuk cuci mobil. Kalau kamu pakai sabun lain atau deterjen, ini bisa mengelupas waxing mobil sehingga menyebabkan lapisan catnya rusak. Jadi, kuncinya adalah, mencuci bersih mobil tapi tetap menjaga kilapnya agar mobil tetap terlihat estetik.

Langsung Bersihkan Kotoran Burung yang Menempel

Ini merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Sering banget ada burung yang terbang melintas kemudian tak sengaja menjatuhkan kotoran pada mobilmu. Kalau kamu melihat ada yang menempel di mobil, maka langsung bersihkan. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama sampai mengering sehingga makin susah dihilangkan. Gosok dengan air biar lebih mudah hilang saat dibersihkan.

Wax Cat Mobil Setelah Dicuci dan Dibilas

Melapisi cat mobil dengan wax seperti memberi lapisan sunscreen pada kulit, ini menghalangi sinar UV dari efeknya yang merusak cat bodi mobil, dan menjaga permukaan mobilmu agar tetap terlihat mengkilap dan licin. Setelah mobil dicuci bersih, aplikasikan wax berbahan polymer untuk membuat mobilmu terlihat kinclong. Ini bisa dilakukan sendiri di rumah maupun di tempat cuci mobil.

Selalu Spray dan Lap Bersih Mobil dari Debu

Di samping menjaga kebersihan mobil dengan mencucinya, memastikan setiap inci mobilmu bersih setelahnya, juga amat sangat penting. Selalu luangkan waktumu untuk menjaga kilap mobil, dengan cara menyemprotkan pembersih lalu mengelapnya dengan kain lembut berbahan microfiber. Lakukan ini setiap hari untuk menghilangkan debu yang menempel.

Itu tadi cara-cara mengkilapkan cat mobil. Kuncinya ada pada mencuci bersih mobil, melakukan waxing dan selalu mengelapnya bersih setelah dicuci dan di-wax. Tidak masalah meskipun mobilmu sudah berumur nanti, kamu bisa menjaganya tetap kinclong kalau kamu tahu cara yang tepat untuk melapisi catnya serta membersihkannya dengan cara optimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *