Cara Mundur Di Tanjakan Saat Mengendarai Mobil Manual

cara mundur di tanjakan

Kamu tidak hanya harus mengemudi naik di tanjakan. Namun, sesekali kamu perlu mundur terutama jika kamu sedang memarkir mobilmu misalnya. Mundur di tanjakan juga sama menantangnya dengan naik. Kamu perlu hati-hati dalam mengemudi, cermat dalam mengelola pedal gas, rem dan kopling serta berpindah gigi. Ini akan menjagamu tetap aman dan nyaman selama berkendara. Berikut pembahasan cara mundur di tanjakan dengan mobil manual.

Dengan mengetahui teknik mengemudi yang tepat, maka kamu bisa mundur dengan aman di jalan tanjakan. Khususnya mundur ke bawah agar mobil tidak tergelincir. Untuk itu, mari simak cara mundur yang tepat supaya aman, seperti berikut ini:

Biarkan Mobil Benar-Benar Berhenti Sebentar

Saat kamu sedang berada di tanjakan, maka berhentilah dahulu dengan menggunakan pedal rem atau rem tangan. Ini sangat penting ketika kamu sedang ingin berjalan naik maupun turun. Kadang orang-orang memilih menggunakan rem tangan karena kaki jadi bebas menggunakan pedal gas kapan saja.

Gunakan Bantuan Hill-Start Assist Jika Memungkinkan

Banyak mobil manual dilengkapi dengan hill start assist, yang akan menjaga mobil agar tidak tergelincir mundur saat kamu berhenti di tanjakan. Kalau kamu memiliki fitur ini di mobilmu, maka gunakanlah dan biarkan bekerja secara otomatis.

Pindah ke Gigi Satu

Saat kamu akan bergerak lagi untuk mundur, pindah ke gigi satu. Lakukan sambil menginjak pedal kopling. Jangan lepaskan rem tangan dahulu. Terus injak pedal kopling sampai mesin berputar di angka 3000 RPM.

Lepaskan Pedal Kopling Sampai Maksimal

Sekarang lepas pedal kopling sampai maksimal. Pada saat ini, kamu akan bisa merasakan bagian depan mobil terangkat sedikit karena berat mobilmu ikut terangkat mengikuti lepasnya kopling.

Perlahan Lepas Handbrake atau Rem Tangan

Kini, kamu bisa mulai melepaskan rem tangan. Lepas rem tangan dengan perlahan-lahan sembari kamu melepaskan pedal kopling terus hingga maksimal. Begitu rem tangan sudah lepas, maka mobilmu pasti akan bisa bergerak perlahan, maju atau mundur.

Perlahan Lepas Pedal Kopling Sesuai Deru Mesin

Saat melepas pedal kopling, lakukan pelan-pelan saja tidak langsung dengan cepat. Lepaskan sambil mendengar suara deru mesin. Saat suara deru mesin mulai menghilang, teruslah melepas pedal kopling perlahan. Kini, kamu bisa memundurkan mobil tanpa takut tergelincir turun. Pastikan pedal kopling sudah benar-benar pas posisinya, tetap injak perlahan dan sesuaikan dengan deru mesin.

Injak Pedal Rem Jika Rem Tangan Tak Berhasil

Kalau rem tangan masih belum berhasil, maka kamu bisa menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal rem yang ada di tengah, sedangkan kaki kiri tetap menginjak pedal kopling. Kamu nanti akan melepas pedal rem dan bukan rem tangan sembari melepaskan pedal kopling pelan-pelan.

Jika rem tangan mobil mu benar-benar tidak berfungsi, maka bawalah mobil kamu ke bengkel untuk diperbaiki oleh tenaga mekanik. Kalau kamu cuma mengandalkan transmisi untuk menahan mobilmu maka ini bisa menyebabkannya cepat aus dan rusak, sehingga berimbas pada mesin mobil.

Itu tadi cara yang aman untuk mundur di tanjakan supaya mobil kamu tidak tergelincir turun. Mengemudi di jalanan yang kondisinya tidak rata atau datar memang lebih menantang. Terutama, apabila kamu baru pertama kali ini mengemudi mobil. Namun, tenang saja, kamu bisa tetap menikmati berkendara dengan aman dan nyaman, asalkan kamu mengetahui trik serta metodenya dengan tepat. Pastikan juga mobil kamu dalam kondisi yang benar-benar baik dengan semua komponen mesinnya berfungsi optimal. Drive safe everyone!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *