Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan dengan Aman

cara mengemudi mobil di

Kadang kita harus melewati jalan yang menanjak ketika berkendara. Terutama kalau kamu melintasi kawasan dataran tinggi atau pegunungan. Biasanya jalan tanjakan ini cukup menantang karena kondisinya yang jelas berbeda dari jalanan datar biasa. Kamu pun jadi harus jauh lebih hati-hati saat mengemudikan mobil di jalan naik ini. Berikut beberapa cara mengemudi mobil di tanjakan agar tetap aman.

Meski demikian, tidak perlu khawatir. Sebab, jika kamu tahu cara mengemudi di tanjakan, maka kamu bisa dengan aman mengendarai mobilmu sampai ke tujuan. Mungkin kamu yang baru pertama kali mengemudi akan lebih gugup. Namun, berkendara di tanjakan sebenarnya selalu menantang bahkan untuk pengemudi berpengalaman sekalipun. Untuk itu, mari simak cara mengemudinya berikut ini: 

  1. Mempersiapkan Kondisi Mobil dengan Baik 

Pertama-tama, pastikan bahwa mobilmu sedang dalam kondisi yang benar-benar baik. Ini penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan kamu selama berkendara. Periksa setiap komponennya, isi penuh bensinnya, pastikan olinya sudah diganti. Pastikan juga semua komponen mobil berfungsi dengan baik. Selain itu, selalu mengemudi dalam kondisi sehat, agar kamu bisa konsentrasi penuh di jalan.  

  1. Menambah Kecepatan tapi Tetap dalam Batas Aman 

Saat mulai naik di tanjakan, kamu bisa menambah kecepatan. Perlahan naikkan kecepatan laju mobilmu. Namun, tetaplah mengemudi dengan kecepatan lebih tinggi yang masih dalam batas wajar. Injak pedal gas dengan tegas, tapi tetap pelan-pelan, jadi tidak langsung digas dengan cepat. Terutama, saat kondisi jalanan licin, kamu perlu tetap menambah kecepatan perlahan dengan hati-hati. 

  1. Tekan Kopling Kemudian Pindah ke Gigi Lebih Rendah 

Injak pedal kopling, kendurkan tekanan pada pedal gas, kemudian pindah ke gigi yang lebih rendah. Gunakan 1 atau 2 gigi lebih rendah daripada gigi yang awalnya kamu gunakan. Misalnya, pindah ke gigi 2 atau gigi 1. Saat kamu mengurangi tekanan pedal gas, maka RPM atau revolutions per minute—yakni seberapa keras mesin bekerja—akan berkurang. RPM yang tepat biasanya bervariasi tergantung masing-masing mobil. 

  1. Lepaskan Kopling Perlahan Saat Kamu Menginjak Pedal Gas 

Setelah kamu pindah ke gigi yang lebih rendah, perlahan-lahan mulai tekan pedal gas kembali. Lakukan sambil melepas pedal kopling perlahan. RPM akan terus menurun saat kamu menggunakan gigi rendah, jadi injak pedal gas lebih keras untuk menyeimbangkan RPM dengan kecepatan normal di jalan. 

  1. Pindah ke Gigi Satu atau Dua Sebelum Tanjakan Tajam 

Saat kamu menjumpai tanjakan yang sangat tajam naiknya, maka langsung turun ke gigi paling rendah, yakni gigi 1 atau gigi 2 sebelum kamu mulai menanjak. Kalau kamu tetap menggunakan gigi 3 maka kamu akan kesulitan naik menanjak, mobil bisa jadi akan bergerak mundur saat kamu mencoba menurunkan gigi. 

  1. Pindah ke Gigi Rendah dengan Cepat Saat Kecepatan Menurun di Tanjakan 

Gigi 3 sebenarnya masih aman untuk jalanan menanjak di bukit atau gunung yang normal. Namun, segera pindah ke gigi rendah dengan cepat kalau kecepatanmu mulai berkurang atau bunyi mesin mulai berdengung, yang berarti mobilmu kesulitan bergerak naik. Segera pindah ke gigi 2 atau gigi 1 kemudian injak pedal gas sembari melepas pedal kopling perlahan. 

Demikian cara untuk mengemudi mobil di jalan tanjakan. Apabila kamu menerapkan cara mengemudi yang tepat, mobilmu pasti akan melaju dengan aman. Kamu tidak perlu khawatir meskipun jalan yang akan kamu lalui menanjak tinggi. Ingat juga untuk memastikan kondisi mobil dan fisikmu dalam keadaan baik dan sehat, agar kegiatan berkendara terasa nyaman dan aman selalu. Selamat berkendara.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *