Tips Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai Agar Tetap Prima

tips merawat mobil yang

Tidak semua orang selalu mengendarai mobilnya setiap hari. Bahkan, bisa jadi mobil tersebut hanya digunakan sesekali untuk jalan-jalan saat weekend. Bisa juga digunakan ketika waktunya libur hari besar untuk mudik. Kalau kamu juga seperti ini, maka kamu perlu tahu bahwa kamu tetap harus rajin merawat mobilmu. Apalagi, kendaraan yang jarang dipakai tapi tidak dirawat, juga cenderung lebih mudah rusak. Tips merawat mobil yang jarang dipakai agar selalu tampil dalam kondisi terbaik.

Maka dari itu, kamu perlu memahami cara yang tepat untuk merawat mobilmu tersebut. Jika kamu merawatnya dengan tepat, maka mobilmu pasti akan awet seterusnya. Kamu pun bisa tetap menggunakannya dengan nyaman ketika perlu. Meskipun mobil kamu jarang digunakan, simak tips berikut untuk merawat mobilmu:

Sering Dicuci Agar Selalu Bersih

Sebelum kamu memarkir mobilmu di garasi dan membiarkannya diam di sana untuk waktu yang lama, cuci dahulu mobil kamu. Ini membuatnya bersih dari semua debu dan kotoran yang menempel, yang kalau dibiarkan lama akan membuat cat mobil jadi mudah rusak. Lalu, kamu juga bisa rutin mencucinya sesekali meskipun jarang dipakai. Ini menjaga kebersihan bodinya serta membuatnya tetap mulus.

Tetap Mengisi Penuh Bensinnya

Mengisi bensin mobil hingga penuh juga tidak kalah penting. Meskipun mobilmu jarang dipakai, kamu perlu untuk tetap mengisi bensinnya. Ini akan menjaga tangki bensinnya dengan mencegahnya agar tidak mudah berkarat. Selain itu, sewaktu-waktu kamu perlu mengendarai mobilmu, kendaraanmu sudah siap dengan bensin yang terisi penuh. Kamu tidak perlu kesusahan menuju pom bensin.

Menjaga Tekanan Udara di Dalam Ban

Seperti yang kita tahu, temperatur udara bisa mempengaruhi tekanan di dalam ban. Kalau kamu bakal lebih sering menyimpan mobilmu di garasi dan jarang menggunakannya, maka disarankan banget kamu mengisi penuh udara di dalam bannya. Pastikan saja kamu tidak mengisikan udara terlalu penuh melebihi tekanan maksimal yang normal. Pokoknya udara di dalam ban harus tetap terisi penuh.

Tetap Mengganti Olinya

Walau kamu jarang memakai mobilmu, sebisa mungkin tetap rutin ganti olinya. Setidaknya, minimal banget dua bulan sekali. Ini menjaga mesinmu agar tetap awet. Juga menghindari terjadinya penumpukan debu dan kotoran akibat oli yang tidak pernah diganti, sehingga bisa membuat mesinnya rusak.

Selalu Menutupi Mobil dengan Cover

Ini sangat penting karena mobilmu akan diam di garasi dalam jangka waktu yang lama. Justru hal tersebut membuatnya mudah berdebu, mungkin juga terkena hujan dan panas jika mobilnya diparkir di luar. Kalau tidak dilindungi dengan cover, maka cat bodinya akan mudah terkelupas atau menjadi kusam. Maka dari itu, tutupi mobilmu dengan menggunakan cover agar mobil tetap bersih dan mulus.

Rutin Memanaskan Mesinnya

Kebiasaan ini tidak kalah penting. Apalagi, kalau kamu jarang memakainya, maka mesin mobil jadi tak pernah dinyalakan. Ini akan membuat performa mobil menurun karena mesinnya yang lama dibiarkan menganggur. Seperti halnya kamu merasa kaku saat berkendara setelah lama tidak mengemudi. Jadi, setidaknya, minimal dua hari sekali, nyalakan dan panasi mesin mobil sekitar 5-10 menit.

Demikian tips merawat mobil yang jarang kamu pakai. Seperti yang kamu tahu bahwa mobil yang lama tidak digunakan justru memerlukan perawatan yang lebih hati-hati. Kemudian, jika kamu akan mengendarainya lagi setelah lama tidak menggunakannya, kamu bisa mempersiapkan mobilmu terlebih dahulu. Terutama, dengan memanasi mesinnya dahulu, biar performa mobil bisa tetap halus saat kamu mengemudi. Semoga tipsnya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *