Tips Menjaga Ban Mobil Biar Semakin Tahan Lama

tips menjaga ban mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang paling penting dari kendaraanmu. Sebab, dengan ban inilah mobilmu bisa berjalan dan membawamu ke mana pun tujuanmu. Oleh karena itu, kamu perlu merawatnya dengan sangat baik. Sebab, terkadang orang kurang memperhatikan ban mobilnya, padahal ini penting. Ada tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga performa ban mobil. 

Jika kamu dapat merawatnya dengan baik, maka kendaraanmu tersebut beserta ban mobilnya pasti akan jadi semakin awet. Maka dari itu, alangkah lebih baik kalau kamu memahami betul cara yang tepat untuk menjaga ban serta merawatnya. Sebab, awet tidaknya kendaraanmu bergantung kepada perawatannya. Catat tips menjaga ban agar awet, seperti berikut ini:  

  1. Ganti Posisi Ban Secara Rutin 

Ban depan mobilmu biasanya lebih cepat aus daripada ban belakang. Ini karena ban depanlah yang bergerak ketika kamu berbelok di tikungan. Maka dari itu, penting bagimu untuk rajin-rajin merotasi banmu. Artinya, tukar posisinya dari depan ke belakang dan sebaliknya. Ini akan membuat semua ban lebih tidak mudah aus, sehingga bannya bakal jadi makin awet, baik yang depan maupun belakang. 

  1. Periksa Tekanan Udara dalam Ban 

Ban dari setiap mobil memiliki standar berbeda untuk tekanan udara yang pas di dalamnya. Sederhananya, kamu perlu mengeceknya selalu agar kamu bisa langsung tahu kalau ban kurang angin. Ini mencegah bannya gembos saat mobilmu sedang kamu kendarai. Terlebih lagi, banmu jadi tidak terlalu beresiko bocor gara-gara dibiarkan saja meskipun kurang angin di dalamnya. 

  1. Periksa Guratan Ban di Bagian Luar 

Guratan ban itu sangat penting untuk membantu mobilmu melaju dengan tangguh di jalanan. Terutama, ketika jalan sedang basah atau licin karena hujan. Seiring berjalannya waktu, guratan ban ini semakin menipis dengan sendirinya. Jika guratannya sudah benar-benar tipis bahkan menghilang, maka kamu perlu menggantinya dengan ban yang baru, agar daya cengkeram ban mobil kamu kembali kuat. 

  1. Meluruskan Posisi Ban Setiap Tahun 

Melewati berbagai medan jalanan, bebatuan, jalan tak beraspal, polisi tidur, semuanya membuat ban mobilmu jadi bergeser posisinya dari porosnya. Ketika posisi ban mulai melenceng, maka ini lebih cepat membuat bannya aus terutama kalau kamu tetap sering mengendarai mobilmu. Maka dari itu, kamu bisa menyerviskannya di bengkel, setidaknya sekali setiap tahun untuk menyesuaikan kembali posisi banmu. 

  1. Cuci Ban Mobil Secara Rutin 

Menjadi bagian penting dari cuci mobil, tentu bebanmu juga perlu kamu cuci bersih. Jika tidak, debu dan tanah serta partikel apapun yang menempel di ban tak hanya membuatnya kotor, tapi juga lebih mudah aus. Maka dari itu, kamu perlu mencucinya bersih agar banmu selalu mulus terawat kondisinya. 

  1. Ganti Ban Ketika Sudah Aus 

Ada waktunya kamu meninggalkan ban yang lama. Ini berarti semua ban lamamu, keempatnya, sudah benar-benar aus dan waktunya diganti. Apalagi, jika bank tersebut sudah membuatmu merasa tak nyaman selama berkendara sehingga lebih sulit mengontrol kemudi. Jadi, ganti dengan ban baru sebelum banmu benar-benar rusak. 

Demikian sejumlah tips yang bisa kamu coba terapkan untuk menjaga ban mobil kamu agar semakin awet. Sebenarnya, merawat ban tidak sulit, yang penting kamu telaten dalam memperhatikan bank sewaktu-waktu. Memang lebih baik kalau kamu rajin mengeceknya setiap hari, supaya tahu kalau ban kamu mengalami kondisi yang perlu diperbaiki. Ban yang awet juga membuatmu lebih hemat biaya perawatan mobil secara keseluruhan, karena kamu tak perlu sering menyervis atau menggantinya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *