Tips Menyetir Mobil Honda HRV Saat Hujan

kelebihan mobil matic

Salah satu tantangan menyetir adalah ketika sedang hujan. Apalagi, kalau saat musim hujan, biasanya cuaca tidak bisa diprediksi. Maka dari itu, kamu jadi harus ekstra hati-hati saat mengendarai Honda HRV. Meskipun kamu sudah sangat mengenal mobilmu, tapi kamu tetap harus sigap dan waspada. Apalagi, jika kamu harus menyetir pada saat malam hari. Berikut tips menyetir mobil Honda HRV saat hujan.

Inilah mengapa, kamu perlu mengetahui sejumlah tips untuk berkendara saat musim hujan. Ini akan membantumu mengemudi dengan lebih baik, sehingga kamu tetap aman berkendara kapan saja. Terutama, bagi kamu yang harus mengendarai mobil dengan intens setiap hari, seperti ketika berangkat dan pulang kantor. Untuk itu, mari kita simak tips mengemudi saat hujan berikut ini:

Periksa Ulang Komponen Mobil

Pastikan kalau semua komponen mobilmu berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan sebelum kamu mengendarainya di jalanan yang licin saat cuaca sedang hujan. Periksa lampu depan, lampu belakang, serta windshield wipers yang berfungsi untuk membersihkan kaca depanmu. Kamu perlu memastikan kalau semua bekerja dengan normal, dengan baik sesuai fungsinya. Jadi, kamu akan aman di jalan.

Mengemudi Pelan-Pelan Saja

Kamu bukan hanya harus menyesuaikan kecepatan saat sedang turun hujan. Namun, kamu juga benar-benar harus berkendara lebih lambat daripada biasanya ketika kamu mengendarai mobil saat cuaca sedang cerah. Sebab, jalanan yang basah itu sangat berbahaya. Respon mobil Honda HRV yang kamu kemudikan menjadi lebih lambat saat hujan. Makanya, jika kecepatannya dikurangi, ini membuatmu lebih aman.

Nyalakan Lampu Depan

Walau kamu berkendara pada waktu siang hari, kamu bisa menyalakan lampu depan terutama jika hujannya sedang sangat deras. Meskipun kamu tidak menyalakan lampu utama yang terang benderang karena bisa menyilaukan, setidaknya kamu bisa melihat dengan lebih jelas. Kamu dapat melihat jelas jalanan serta kendaraan di sekitarmu sehingga aktivitas berkendaramau pun menjadi lebih nyaman.

Gunakan Windshield Wipers

Tentu saja hal ini sudah umum banget, tapi kadang banyak orang yang lupa untuk menyalakan windshield wipers. Jadi, wipers-mu tidak bergerak selama kamu mengemudi, sehingga kaca depanmu tertutupi rintik air yang bisa menghalangi pandangan. Maka dari itu, coba kamu pastikan dan periksa lagi, sudahkah kamu mengaktifkan windshield wipers. Kamu akan bisa melihat lebih jelas dan mengemudi dengan leluasa.

Jaga Jarak Aman dengan Mobil Lain

Tetap jaga jarak antara kendaraanmu dengan mobil yang ada di depanmu. Sebab, kamu lebih sulit menghentikan mobil ketika kamu berkendara saat sedang hujan. Jadi, menjaga jarak yang cukup dengan mobil di depanmu akan memudahkanmu mengerem dengan aman, saat kamu harus berhenti. Hati-hati juga saat mengerem, injak pedal pelan-pelan, jangan mendadak agar mobilmu tak tergelincir.

Atur Sirkulasi Udara dengan Baik

Hujan membuat kondisi di dalam mobilmu jadi semakin lembab. Saking lembabnya biasanya kaca jendelamu jadi mudah berembun. Maka dari itu, jika memang perlu, maka kamu bisa membuka sedikit kaca jendela mobil, mungkin kurang dari satu sentimeter untuk ventilasi udara. Kamu juga bisa tetap menyalakan AC jika jendelamu tertutup agar embun tidak menebal dan menutupi kaca jendela mobil.

Demikian sejumlah tips mengemudi Honda HRV saat sedang turun hujan. Ada kalanya kamu benar-benar harus berkendara ke tempat tujuan, terlepas dari kondisi cuaca yang sedang terjadi. Ini membuatmu harus waspada saat mengemudi, terutama di jalanan basah ketika hujan. Tak perlu khawatir, jika kamu menerapkan tips mengemudi aman saat hujan, perjalananmu akan tetap terasa nyaman. Semoga bermanfaat. Berikut tips menyetir mobil Honda HRV saat hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *