Sebelum Cek Harga Air Radiator Mobil, Ketahui Cara Memilihnya

sebelum cek air

Sebelum kamu mengecek harga air radiator mobil, terlebih dahulu ketahuilah cara memilih air radiator yang tepat untuk sistem pendinginan mesin mobilmu. Hal-hal yang harus kamu perhatikan tersebut meliputi teknologi yang ada pada air radiator sampai tentang warna air radiator tersebut. Saat kamu harus mengisi ulang air radiator, mungkin kamu akan sedikit kebingungan memilih air radiator yang tepat untuk mobilmu karena banyak sekali merek dan jenis air radiator mobil yang dijual di pasaran. Pemilihan air radiator ini bukanĀ  hal sepele karena akan berpengaruh pada mesin mobilmu. Maka dari itu kamu membutuhkan pengetahuan lebih tentang cara memilih air radiator. Lantas, bagaimana cara memilih air radiator yang tepat? Simak caranya di bawah ini. Sebelum cek air radiator kenali dulu yuk cara memilihnya.

  1. Melihat Spesifiknya

Banyak sekali merek dan jenis dari air radiator. Namun, kamu perlu mengetahui saat kamu akan memilih air radiator yang cocok dengan mesin mobilmu dengan kondisi iklim tropis seperti Indonesia ini, sebaiknya kamu memilih jenis radiator coolant dengan tetap memperhatikan spesifikasi dari air radiator tersebut. Terdapat beberapa jenis air radiator, antara lain Inorganic Additive Technology (IAT) yang biasanya digunakan untuk mobil-mobil tua. Air radiator ini wajib diganti setiap tahun sekali. Selanjutnya ada Organic Acid Technology (OAT) yang biasanya dikeluarkan oleh pihak General Motors. Jika kamu memakai jenis ini, maka kamu wajib menggantinya setiap lima tahun sekali. Selain itu terdapat Hybrid Organic Acid Technology (HOAT), jenis air radiator satu ini sebenarnya mirip dengan OAT, bahkan interval penggantinya serupa.

  • Melihat Warnanya

Kamu yang sering bingung tentang cara mengetahui pemilihan air radiator yang paling tepat bisa melakukan cara ini, yaitu melihat warna dari cairan pendingin ini. Ada beberapa warna cairan yang harus kamu ketahui. Antara lain air radiator warna hijau yang biasanya digunakan untuk mobil Suzuki, Wuling, Mazda dan DFSK. Selanjutnya ada air radiator merah muda yang biasanya sering digunakan oleh mobil Toyota dan Daihatsu. Warna lainnya adalah air radiator warna biru yang seringkali digunakan oleh mobil Honda, Nissan, Mitsubishi dan Datsun.

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat, kebutuhan terhadap air radiator ini sudah menjadi prioritas para pengguna mobil, kegunaan air radiator yang krusial ini adalah sebagai pendingin mesin. Kamu harus mengamati elemen yang dibutuhkan mobil ini agar tidak membawa dampak buruk pada mesin mobilmu.

  • Jangan Menggantinya dengan Air Mineral

Sebagai pengguna mobil, kamu harus mengetahui bahwa penggunaan air mineral untuk mengisi air radiator ini kurang baik untuk mesin mobil dikarenakan kandungan dari air mineral kemasan ini bisa menyebabkan kerak. Kerak tersebut berasal dari pemanasan mesin, elemen air dan kandungan air mineral. Alhasil dalam radiator bisa menimbun mineral yang sudah berkerak.

  • Melihat Kandungan EG

Cara memilih air radiator yang bagus selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan dari air radiator yang akan kamu beli. Air radiator yang bagus mengandung unsur ethylene glycol (EG), yaitu zat yang berperan sebagai penambah batas titik didih pada air radiator. Jika pada air biasa titik didihnya bisa berlangsung di suhu 80 derajat celcius, maka EG bisa mendidih dan menguap pada 100 derajat celcius. Bisa dikatakan bahwa EG bisa memperpanjang uap air dalam radiator mobil milikmu.

Nah, kamu boleh mulai menerapkan cara di atas agar bisa memilih air radiator yang tepat. Sebelum cek air radiator kenali dulu yuk cara memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *