Ini Tanda Ban dengan Harga Ban Mobil Terbaik Waktunya Diganti

tips menjaga ban mobil

Pada kendaraan fungsi dari ban tidak bisa dianggap remeh walaupun masih sering orang kurang memperhatikan bagian ini. Padahal tugas ban sangat berat, karena ban merupakan satunya-satunya bagian yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Bila kurang mendapat perhatian, bukan tidak mungkin kejadian pecah ban bisa menimpa kamu. Nah, untuk kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, kamu wajib tahu tanda-tanda ban sudah waktunya diganti. Ini tanda ban anda wajib ganti.

Perhatikan Telapak Ban 

Jika kamu temui telapak ban sudah terlihat aus, maka segera ganti ban dengan yang baru. Untuk bisa mengetahuinya caranya mudah, kok kamu bisa melihatnya dari TWI. Tread Wear Indicator merupakan batas keausan dari telapak ban yang masih aman untuk dipakai. Pada ban ada dua posisi dari indikator TWI, yaitu pada tengah telapak ban yang berupa tonjolan dengan tinggi tidak sampai kembang ban. Posisi berikutnya ada pada tepi ban atau tepatnya pada area bawah kembang ban berupa segitiga kecil. Jadi bila telapak ban sudah menyentuh segitiga TWI, maka kamu harus segera beli ban dengan harga ban mobil terbaik.  

Terlihat Ada Benjolan 

Munculnya benjolan pada ban disebabkan oleh kawat yang memperkuat konstruksi pada ban sudah putus. Ada beragam alasan yang menyebabkan kondisi ini terjadi. Bisa karena muatan berlebih, sering melewati jalanan rusak atau bisa juga karena tekanan angin yang sering tidak sesuai standar atau ban sering kurang angin. Ban yang benjol ketahanannya juga sudah menurun sehingga rawan untuk tetap dipakai. Ban bisa pecah, sebab bagian ban sudah tidak mampu lagi menahan tekanan udara.  

Dinding Ban Sudah Retak 

Kondisi dinding ban yang retak-retak bisa terjadi karena mobil sering parkir di luar ruangan dalam waktu lama sehingga terkena sinar matahari langsung. Suhu panas sepanjang siang ditambah suhu dingin pada waktu malam bisa menyebabkan dinding ban mudah retak-retak. Ban menjadi mudah rapuh sebelum usia seharusnya. Untuk menghindari hal ini bisa memarkir mobil di dalam garasi., kalaupun parkir di luar ruangan usahakan jangan terlalu lama. Rawat juga ban mobil kamu untuk menjaga kelenturannya dengan cairan khusus. 

Heel Toe atau Kembang Ban Terangkat 

Kondisi telapak atau kembang ban terangkat ini disebabkan karena mobil terlalu sering melewati jalanan rusak dengan kecepatan tinggi. Melaju dengan kecepatan tinggi seringkali membuat kamu harus mengerem dengan mendadak. Sehingga telapak ban sering tertarik secara paksa dan lama-lama kondisi telapak ban bisa terangkat. Kondisi ban tersebut juga membahayakan saat berkendara, jadi segera berburu promo harga ban mobil murah, ya.  

Perhatikan Jarak Tempuh 

Setidaknya ada dua hal penting tentang penggantian ban yang harus kamu ketahui. Yaitu soal usia pakai ban yaitu 3 tahun dan jarak tempuh. Contohnya, jika usia ban belum sampai 3 tahun namun sudah mencapai jarak tempuh 40.000 km. Maka kamu wajib menggantinya dengan yang baru. Walaupun usia pakai masih lama, namun karena sudah menempuh jarak yang jauh maka ban bisa mengalami keausan. Begitu pula sebaliknya, walaupun belum mencapai jarak tempuh 40.000 km namun ban sudah berusia 3 tahun maka kamu juga wajib menggantinya karena ban sudah kadaluarsa dan tidak layak pakai. Nah, dengan selalu memperhatikan kondisi ban dengan benar maka kenyamanan dan keamanan kamu saat berkendara pun bisa lebih terjamin. Ini tanda ban anda wajib ganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *