Cek Harga Excavator Terbaru & Ketahui Sejarah Excavator

cek harga excavator

Excavator atau mesin pengeruk adalah salah satu dari jenis alat berat yang dapat berfungsi untuk menggali tanah maupun material. Alat berat ini memiliki struktur bagian atas yang terdapat bagian khusus yang disebut dengan lengan (arm) serta dilengkapi dengan bucket sebagai pengeruk pada ujungnya. Serta dilengkapi juga dengan rumah-rumah dalam sebuah wahana putar dan digunakan dalam penggalian. Rumah rumahan excavator diletakkan di atas kereta yang memiliki roda rantai di bawahnya. Alat ini banyak ditemukan di perusahaan-perusahaan yang menjual peralatan berat, di Indonesia dikenal dengan nama ekskavator serta disebut juga Bego atau Beko. Cek harga excavator terbaru yuk.

Jika kamu memiliki perusahaan yang bergerak di bidang industri konstruksi maupun pertanian,sebaiknya menggunakan alat excavator akan lebih memudahkan pekerjaan. Di negara  Indonesia banyak sekali perusahaan yang menjual alat ini, kamu bisa mendapatkan harga excavator yang murah. 

Sejarah Munculnya Excavator 

Kamu harus tahu! Pada tahun 1835, alat berat excavator ini untuk pertama kalinya diciptakan oleh seseorang mekanik yang berasal dari Amerika Serikat. Yaitu William Smith Otis yang merupakan mekanik yang masih sangat muda sekali umurnya, waktu itu berusia 22 tahun. Sehingga pada tahun 1839 William Smith Otis ini menerima patent atas karya temuannya dan tercatat sebagai excavator pertama di dunia. Hasil ciptaan pertamanya ini digunakan untuk penggalian rel kereta api mulai dari Norwich hingga ke Worcester. 

Spesifikasi Pertama dari Excavator  

Pada waktu itu, Excavator temuan William Smith masih sangat sederhana bentuknya masih berupa bucket yang ditarik oleh rantai dan seling. Penggeraknya adalah mesin uap dan Excavator pada saat itu hanya bisa berjalan diatas rel kereta api saja. Sangat berbeda sekali dengan excavator modern yang sekarang sudah bisa berputar hingga 360 derajat. Excavator pada saat itu hanya bisa berputar sejauh 90 derajat dengan ukuran bucketnya pun hanya 1.15 meter kubik saja. Dengan ukurannya yang segitu, excavator dulu memiliki kemampuan produktivitas penggalian tanah sebanyak 64 meter per jam.  

Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan model serta kemampuan excavator. Untuk excavator yang saat ini pastinya sudah menggunakan mesin yang modern dan juga dilengkapi dengan tenaga hidrolik yang dapat memungkinkan untuk berputar 360 derajat. Sangat luar biasanya lagi, dulu excavator hanya mampu bergerak diatas rel kereta api saja, akan tetapi sekarang dapat bergerak di atas air.  

Dengan beragam variasi bucket yang dimiliki pada excavator modern sehingga memiliki fungsi yang  berbeda-beda. Karena fungsinya yang berbeda-beda maka excavator tersebut dapat digunakan secara bergantian sesuai dengan medan kerjanya maupun materialnya. Bahkan juga ada excavator yang dilengkapi dengan breaker atau palu yang berfungsi untuk pemukul atau pemecah batu. Karena banyaknya variasi excavator yang sangat modern seperti saat ini sehingga harga excavator pun juga berbeda-beda tentunya. 

Perkembangan yang paling mutakhir dari alat berat pada saat ini adalah munculnya excavator terbesar yang diproduksi oleh salah satu perusahaan canggih. Dengan ukuran panjang hingga kurang lebih 15 meter dengan tinggi yang dimiliki yaitu 9,8 meter. Sedangkan untuk lebarnya yaitu 8,75 meter dengan berat yang mencapai ukuran 720 ton. Selain ukurannya yang luar biasa memukau excavator terbesar ini memiliki ukuran bucket yang luar bisa juga yaitu berkapasitas hingga 42 meter kubik. Harga excavator terbesar ini sangatlah fantastis, tidak heran karena kelebihan yang dimiliki sangat menakjubkan. 

Begitulah kemajuan dari teknologi excavator dari awal mula terciptanya hingga pada saat ini. banyak sekali perbedaan serta kelebihan masing-masing yang dimiliki dari setiap excavator. Cek harga excavator terbaru yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *