Apa Fungsi Aki Mobil Sebenarnya?

simak pembahasan merek

Aki atau accumulator (accu), adalah salah satu komponen penting yang juga dimiliki mobil. Pentingnya tugas aki ini adalah karena tugas untuk menyediakan energi yang dibutuhkan untuk memutar dinamo starter lalu kemudian menjalankan kerja mesin adalah aki tersebut. Energi yang disimpan aki ini pada mobil berfungsi untuk menyalakan lampu-lampu, dinamo starter, dan juga semua sistem elektrik yang ada di dalam mobil. Terbayang kan jadinya seperti apa kalau tidak ada aki? Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kondisi aki tetap baik, sehingga tidak menjadi masalah saat kamu mengendarai mobil tersebut. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa ada dua jenis aki, yaitu aki basah dan aki kering. Namun sebenarnya aki dibedakan juga berdasarkan jenis perawatannya. Yang pertama, aki kering yang disebut juga free maintenance, yang artinya tidak perlu perawatan rutin. Kemudian yang kedua, aki basah yang disebut low maintenance atau hanya membutuhkan perawatan yang minim. Keduanya berbeda pada komponen bagian dalamnya saja. Akan tetapi cairan yang digunakan masih tetap sama-sama menggunakan asam sulfat (H2SO4). Aki basah, meskipun dinamakan low maintenance juga sebaiknya diberikan perawatan yang rutin. karena cairannya akan berkurang seiring berjalannya waktu, selama masih terus digunakan. Harga aki mobil sendiri di pasaran terbilang mahal. Harga terendah yang mungkin bisa kamu dapatkan bisa sampai harga 600 ribuan. Kemudian harga yang paling mahal bisa mencapai 4 jutaan. Untuk itu, kamu harus memahami kapan kamu harus mulai cek aki mobil kamu. Tanda-tanda kamu harus mulai melakukan perawatan aki kamu adalah ketika kamu mengalami saat-saat di mana starter tidak dapat menyala dengan suara putarannya yang lambat sampai mobil tidak bisa dinyalakan. Penyebabnya biasanya karena cairannya yang habis atau arus yang mengisi mengecil. Apa fungsi aki sebenarnya? Baca dulu yuk.

Range Harga Aki Mobil dengan Merek-merek Paling Direkomendasi 

Kalau kamu berniat untuk mengganti aki mobil kamu dengan yang baru, ada baiknya kamu survei merek-merek aki yang recommended dan juga harganya. Supaya kamu bisa menemukan aki yang cocok dan sesuai dengan budget yang kamu siapkan. Berikut beberapa merek aki pilihan yang bisa kamu jadikan rekomendasi: 

  • GS Astra 

Merek ini sudah sangat mudah ditemukan di pasaran. Aki ini berasal dari negara Jepang dan dinilai sebagai produk ternama di dunia, loh. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di online shop yang biasanya kamu gunakan. Harga yang ditawarkan untuk aki merek ini dimulai dari harga Rp 693.000 untuk harga termurahnya dan mencapai Rp 3.264.000 untuk harga termahal yang dimilikinya. 

  • Global Battery 

Untuk aki yang satu ini termasuk menjadi salah satu merek yang digemari karena harganya yang tidak terlalu mahal. Produk ini memiliki daya start yang lebih besar dan bisa menyimpan listrik lebih lama. Dengan claim-nya yang seperti itu, harga produk ini dimulai dari Rp 1.000.000 sampai Rp 4.700.000. 

  • Yuasa 

Merek ini menyatakan kalau mereka memiliki produk dengan kualitas baik dan bahan baku yang berkualitas tinggi. Mereka juga mengatakan bahwa produk aki merek ini awet untuk digunakan. Harga termurah produknya adalah Rp 850.000 dan harga termahalnya Rp 1.810.000. 

  • GForce 

Harga aki merek ini tergolong murah karena dimulai dengan harga Rp 605.000 hingga harga termahalnya Rp 3.200.000. Dengan harganya itu, aki merek ini mempunyai indicator, plate, grid casting, envelope separator, dan cast on strap yang mencegah terjadinya mogok tiba-tiba.  Apa fungsi aki sebenarnya? Baca dulu yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *