Oli Sintesis Atau Oli Mineral, Apa Keunggulannya? Cek Juga Tentang Oli Fastron Sebagai Oli Pilihan Kamu!

cara merawat mobil matic

Oli merupakan salah satu faktor penting dalam penggunaan mesin kendaraan. Secara umum oli memiliki fungsi sebagai pelumas yang meminimalisir terjadinya gesekan atau keausan pada komponen mesin mobil kamu. Oli adalah salah satu bagian yang membuat mesin menjadi lebih awet. Seiring dengan berkembangnya teknologi oli juga sudah dikembangkan dengan menggunakan beberapa bahan kimia tertentu yang juga turut membantu membersihkan mesin dan meringankan kinerja mesin secara maksimal. Saat ini oli sendiri sudah dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bahan dasarnya yaitu mineral dan juga sintetis. Berikut akan dibahas mengenai perbedaan kedua jenis oli tersebut beserta keunggulannya. Pilih oli sintesis atau oli mineral? Simak yuk.

  1. Oli Mineral

Oli satu ini merupakan oli pertama yang dibuat, oli ini dibuat dengan bahan dasar minyak bumi. Oli satu ini memiliki keaslian minyak bumi yang diproses dan dijadikan oli untuk mesin mobil. Oli jenis ini memiliki dua kandungan yaitu alkaline dan juga cyclic paraffin yang berguna untuk melindungi mesin dan secara umum oli tipe ini merupakan jenis oli yang mudah ditemukan.

  • Oli Sintesis

Oli tipe satu ini merupakan hasil pengembangan teknologi yang membuat oli dengan bahan dasar bahan kimia. Adapun bahan dasarnya adalah polyalphaolifins. Oli sintesis pertama kali muncul di Amerika Selatan sebagai salah satu hasil pengembangan teknologi yang kemudian menambahkan beberapa bahan tambahan pada oli berupa sintesis non PAO, ester naftalena, benzena alkilasi dan polyglycos. Setiap bahan tambahan ini memiliki manfaat pada mesin secara sendiri-sendiri.

  • Oli Mineral VS Oli Sintesis

Oli mineral dikenal sebagai oli yang ramah terhadap mesin. Dengan harga yang lebih murah membuat oli mineral lebih banyak dicari para pengguna kendaraan. Umumnya oli mineral banyak disarankan untuk oli awal pada mesin untuk membantu mesin lebih beradaptasi dengan suku cadang dan berbagai mekanisme lainnya. Sayangnya oli mineral memiliki struktur molekul yang kurang seimbang hal ini dikarenakan ini berasal dari minyak bumi yang tidak bisa ditakar secara maksimal untuk penggunaannya. Selain itu oli mineral memiliki kecenderungan meninggalkan kerak pada komponen mesin karena memiliki kandungan asam pada minyak bumi. Untuk oli sintesis umumnya memiliki molekul yang lebih stabil dibandingkan oli mineral. Hal ini disebabkan oleh bahan dasar oli yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Dengan adanya kandungan-kandungan tambahan pada oli sintesis, membuat oli ini memiliki kemampuan perlindungan terhadap mesin secara maksimal baik dari segi menjaga agar tidak berkerak serta membuat mesin lebih dingin. Selain itu oli sintesis juga mampu membantu membersihkan mesin dari kemungkinan adanya kotoran dan kerak. Namun karena proses pembuatan yang cukup rumit, umumnya oli tipe sintesis ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan oli mineral. Umumnya oli tipe ini hanya digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru yang sudah dari pabrik ditentukan dengan oli sintesis.

Nah itu tadi perbedaan dari oli mineral dan juga oli sintesis. Pastikan untuk menentukan oli sesuai kebutuhan dan budget kamu ya. Jangan lupa juga untuk selalu mendapatkan oli dengan kualitas yang baik, karena saat ini sudah cukup banyak oli palsu yang dibuat dan dijual untuk mencari keuntungan lebih. Kamu bisa menggunakan oli Fastron sebagai oli pilihan jika kamu takut salah beli oli palsu. Dan nikmati berkendara nyaman dan aman dengan mesin yang awet. Pilih oli sintesis atau oli mineral? Simak yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *