Jangan Sembarangan Memilih Air Radiator! Cek Juga Harga Air Radiator Mobil!

sebelum cek air

Sebagai pemilik mobil pastinya kamu harus mengenal masalah air radiator yang menjaga agar mobil tetap pada suhu yang normal. Tak dapat dihindari secara umum cairan pendingin untuk mobil satu ini sangatlah dibutuhkan dan berguna untuk menjaga mesin mobil bisa tetap dalam kondisi maksimum. Masih banyak orang yang menyalahgunakan pemberian air radiator. Karena pasti akan berbeda ketika memberikan air biasa dengan air coolant. Dampaknya pun akan sangat berbeda pada mesin mobil. Baik secara kemampuan pemindahan panasnya, pencegahan karat pada mesin dan juga ketahanan terhadap panasnya pasti berbeda. Jadi tidak bisa asal pilih air untuk dijadikan air radiator. Jangan sembarangan memilih ya.

Beda Air Biasa Dan Air Radiator 

Secara umum keduanya jelas berbeda dari segi kandungan maupun dari segi kemampuan dalam fungsinya sebagai pendingin. Yang pertama dari segi kemampuan pemindahan panas kandungan senyawa dalam air biasa tidak didesain khusus untuk memindahkan panas. Sedangkan untuk air radiator secara khusus dibuat untuk mampu memindahkan panas secara maksimal dengan kandungan yang ada di dalamnya. Selain itu dengan menggunakan air pastinya memiliki risiko terjadinya korosi pada mesin. Yang kedua dari segi mencegah karat. Air radiator lebih aman karena air radiator memiliki kandungan yang dapat mencegah terjadinya karatan pada mesin. Adanya senyawa glycol di dalamnya juga mampu membantu mengatur titik didih. Titik didih yang tinggi akan membuat cairan lebih sulit menguap sehingga tidak menyebabkan karat. Perbedaan yang terakhir adalah ketahanan, untuk air mineral biasa memiliki ketahanan hingga titik didih 100 derajat celcius sedangkan untuk air radiator khusus memiliki titik didih hingga 110 derajat celcius. Dengan kemampuan titik didih yang tinggi, maka penggunaan air radiator juga bisa lebih lama dibanding air mineral biasa. Umumnya air radiator dapat digunakan hingga 48 ribu kilometer atau kurang lebih sekitar dua tahun.  

Tips Memilih Air Radiator 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih air radiator. Yang pertama adalah cek dulu kandungan senyawa propylene. Cari kandungan propylene yang berkisar antara 20 sampai 50 % untuk penyerapan ketahanan panas yang berbeda. Yang berikutnya adalah perhatikan juga titik didih yang maksimal, biasanya ketika kamu beli produk akan diberikan keterangan mengenai titik didih. Pilihlah yang memiliki kandungan glycol yang mampu menaikkan titik didih hingga merendahkan titik beku dalam proses pendinginan. Tips yang terakhir adalah pilih cairan radiator yang tidak memiliki risiko pengendapan. Jika sudah mendapatkan ketiga hal di atas maka air radiator yang kamu pilih sudah baik. 

Pemilihan air radiator yang tepat pastinya memberikan kenyamanan pada mesin sehingga memberikan kenyamanan terhadap pengguna kendaraan juga. Selain itu kamu juga bisa lebih hemat dengan perawatan yang disebabkan kerusakan, karena dengan menggunakan air radiator yang tepat kamu turut menjaga mesin agar tetap awet dan tahan lama. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan budget juga ya. Ada beberapa merek yang aman digunakan antara lain Top One, Brystone, Winmax, dan juga Prestone. Keempat merek ini cukup sering digunakan sebagai air radiator karena kualitasnya yang sudah terjamin. Cek juga harga air radiator mobil juga sebelum membeli. Belilah sesuai budget namun jangan lupa juga untuk perhatikan kualitas ya. Dan selamat berkendara dengan nyaman dengan air radiator yang tepat. Jangan sembarangan memilih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *