Oli Mesin Yang Tepat Untuk Mobil Yang Luar Biasa! Kenali Juga Jual Jenis Oli Mobil!

cara merawat mobil matic

Oli merupakan salah satu pelumas yang dibutuhkan mobil untuk membuatnya dapat bergerak dengan baik. Oli digunakan untuk mempermudah mesin berputar dan menghindari terjadinya overheat pada mesin. Secara umum sebagai pemilik mobil, memilih oli yang tepat sudah menjadi keharusan. Jika sampai salah maka mesin bisa jadi akan terhambat bahkan mengalami panas yang berlebih. Maka berikut akan dijelaskan beberapa jenis oli mesin yang kamu butuhkan untuk mobil kesayangan kamu.  

Jenis oli yang pertama dan pasti akan dibutuhkan adalah oli mesin. Sesuai namanya oli satu ini merupakan oli yang digunakan untuk membantu mesin mobil dapat berjalan secara maksimal. Oli ini digunakan untuk membantu mesin agar tidak mudah panas dan tidak mudah rusak. Secara umum, seiring dengan berkembangnya teknologi, oli mesin sendiri dikembangkan dengan berbagai bahan dasar. Untuk oli yang asli pertama kali dibuat dengan minyak bumi. Oli satu ini dikenal memiliki manfaat yang baik untuk mesin karena lebih aman digunakan. Setelah itu berkembang lagi oli semi sintetik, untuk jenis kedua ini oli mineral digabung dengan bahan kimia tertentu. Hal ini berkaitan juga dengan penghematan terhadap minyak bumi. Dan untuk saat ini, banyak mobil keluaran terbaru yang sudah didesain menggunakan oli yang sepenuhnya buatan, jadi sudah tidak dicampur lagi dengan minyak bumi. Untuk secara umum penggantian oli mesin dilakukan kisar 5000 km atau 10.000 km perjalanan. Hal ini tergantung pada jarak tempuh dan jalur yang kamu lewati juga.  

Jenis oli berikutnya oli gardan. Oli satu ini berguna untuk menjaga agar gardan dapat berfungsi secara maksimal. Oli gardan jika habis atau sudah sangat berkurang menimbulkan bunyi mendengung pada mesin saat dinyalakan. Jadi jika kamu mengalami hal tersebut artinya sudah waktunya untuk mengganti oli gardan kamu dengan yang baru. Rata-rata penggantian oli gardan dilakukan setelah mobil mencapai 10ribu atau 20ribu kilometer.  

Jenis oli selanjutnya yang tak kalah penting adalah oli rem. Rem juga membutuhkan oli untuk membuatnya dapat bekerja secara maksimal. Oli rem sendiri termasuk oli yang memiliki waktu pakai cukup lama. Oli rem diganti kurang lebih 2 sampai 3 tahun sekali. Oli rem dikatakan perlu diganti apabila warnanya sudah menghitam atau jadi cokelat keruh. Pastikan untuk mengecek warnanya, jika memang warnanya masih kuning maka artinya oli rem kamu masih baik dan masih dapat digunakan serta sehat untuk rem kamu.  

Jenis oli yang terakhir adalah oli power steering yang digunakan untuk mempermudah setir berputar. Jenis oli satu ini sangat berguna agar setir mobil kamu tidak terlalu berat. Oli satu ini berwarna orange, dan dalam pemakaian lama maka warna akan berubah menjadi cokelat. Jika sudah berubah pastikan untuk segera mengganti oli satu ini.  

Itu tadi berbagai macam oli yang perlu kamu ketahui. Setiap jenis oli memiliki kekentalannya sendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi jangan sampai salah menggunakan oli rem untuk oli mesin, ataupun sebaliknya. Kenali kebutuhan kamu dan kenali juga kekentalannya yang berbeda, angka pada kode oli bagian belakang menunjukkan kekentalan oli. Semakin besar angkanya maka semakin tinggi pula tingkat kekentalannya. Pastikan untuk memberi yang terbaik untuk mobil kamu, dan nikmati perjalanan aman dan nyaman bersama dengan orang-orang terkasih. Jika masih ragu, kamu bisa menanyakan fungsi masih-masing oli tempat jual jenis oli mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *