Kenali Jenis – Jenis Bohlam Lampu Mobil Sebelum Membelinya

perjalanan nyaman dengan

Lampu merupakan komponen penting  pada mobil. Lampu berguna sebagai sumber cahaya saat melakukan perjalanan malam hari. Penggunaan lampu sebagai sumber cahaya saat melakukan perjalanan ini penting agar terhindar dari bahaya – bahaya yang mengancam saat malam datang. Selain sebagai sumber cahaya bohlam lampu mobil juga digunakan sebagai indikator atau tanda akan melakukan belok baik kanan maupun kiri. indikator tersebut biasa dikenal sebagai lampu sein. Saat lampu sein dinyalakan, lampu tersebut akan berkedip pada salah satu sisi yang dinyalakan sebagai pertanda bahwa mobil akan belok pada persimpangan berikutnya. Ada pula lampu belakang yang berguna sebagai penanda bahwa mobil sedang mengerem. lampu tersebut berwarna merah dan akan menyala lebih terang ketika pedal rem ditekan. Selain kegunaan lampu, terdapat beberapa jenis lampu yang digunakan pada mobil.  Yuk kenali jenis bohlam.

Yang pertama adalah lampu halogen. Lampu tersebut merupakan lampu keluaran pertama yang masih dipakai sampai dengan sekarang. Sumber penerangan dari lampu ini adalah dari filamen atau kawat pijar yang ada didalamnya. Apabila kawat pijar itu putus maka lampu akan mati. Lampu halogen ini termasuk mudah perawatannya dan juga harga yang terjangkau sehingga dapat dibeli di dealer – dealer terdekat. Namun lampu halogen ini memiliki kelemahan yaitu haru dialiri tenaga listrik yang cukup besar. Selain itu, dibanding dengan lampu jenis lain, lampu halogen ini tidak cukup terang. 

Berikutnya adalah lampu jenis light emitting diodes atau biasa disebut dengan LED. Awalnya penggunaan lampu jenis LED ini tidak untuk mobil, melainkan untuk penerangan ruangan, pernak – pernik, dan lain sebagainya. Namun seiring dengan kemajuan teknologi pada akhirnya lampu LED digunakan sebagai sumber penerangan pada mobil. lampu jenis LED ini memiliki tingkat terang yang lebih daripada lampu halogen. Selain itu dari segi ketahanan, lampu jenis LED cenderung lebih awet daripada lampu halogen. Sehingga banyak orang yang memilih untuk mengganti lampu mobilnya dengan lampu jenis ini. meski begitu diperlukan beberapa part khusus agar lampu jenis LED bisa menyala pada mobil. 

Lampu yang ketiga adalah lampu jenis high intensity discharge atau yang biasa disebut dengan HID. Lampu jenis HID ini sudah ada sejak tahun 90an dan digunakan pada mobil – mobil mewah. Kelebihan dari lampu Jenis HID ini adalah nyalanya yang sangat terang dan tidak membutuhkan daya listrik yang besar. Harga lampu jenis HID ini terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan kedua lampu yang lain. Untuk perawatannya juga terbilang cukup rumit karena lampu jenis HID dapat membuat headlamp menjadi cepat kusam. Meski begitu di Indonesia tidak disarankan mengganti lampu mobil dengan lampu jenis HID, karena dilarang oleh petugas kepolisian. Karena nyalanya yang terlalu terang membuat lampu jenis HID ini dapat membahayakan keselamatan orang lain saat berpapasan di jalan.  

Saat musim hujan yang terjadi justru sebaliknya. Lampu jenis HID tidak mampu menembus pekatnya hujan. Akibatnya mobil yang memakai lampu jenis HID akan rawan kecelakaan ketika berkendara saat hujan. Untuk itu lebih baik pilihlah lampu yang akan digunakan pada mobil sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku di Indonesia. Dengan memilih lampu yang tepat maka pada saat proses berkendara kamu akan merasa nyaman, aman dan tidak membahayakan pengemudi lain. Sudah ada ide untuk mengganti lampu mobilmu? Kenali jenis bohlam yang akan dipakai terlebih dahulu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *